Waspadai Cuaca Ekstrem, Kata BPBD Gunung Mas

id bpbd gunung mas, bpbd gumas, cuaca ekstrem

Waspadai Cuaca Ekstrem, Kata BPBD Gunung Mas

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Drs HM Rusdi. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Drs HM Rusdi mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem pada bulan ini.

"Kondisi cuaca ekstrem yang meliputi hujan deras disertai angin kencang dan petir sering kali terjadi di Gumas, terlebih malam hari. Untuk itu saya ingatkan agar masyarakat bisa menjadi lebih waspada," katanya, di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, cuaca ekstrem ini akan terus terjadi sebelum memasuki musim kemarau. Oleh sebab itu, pihaknya mulai mengintensifkan daerah atau wilayah yang dianggap rawan banjir dan pohon tumbang.

Ia mengatakan, sampai saat ini masih belum ada daerah yang mengalami banjir besar dan terjadi pohon tumbang, namun anggota dari BPBD selalu waspada dan siap menerima laporan masyarakat.

"Saya juga ingatkan agar masyarakat ketika terjadi cuaca buruk agar dapat menghindari aktifitas di luar rumah, dan segera melaporkan kepada BPBD apabila daerahnya terjadi banjir, longsor, dan pohon tumbang," demikian Rusdi.