4.000 Blangko KTP Elektronik Sudah Diterima Bartim, Tapi Ternyata Itu Kurang?

id disdukcapil bartim, KTP elektronik, blano KTP elektronik

4.000 Blangko KTP Elektronik Sudah Diterima Bartim, Tapi Ternyata Itu Kurang?

Ilustrasi - Proses pencetakan KTP elektronik. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Sebanyak 4.000 keping blangko Kartu Tanda Penduduk Penduduk Elektronik (KTP-E) sudah tiba di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur, Lilis Saptuni di ruang kerjanya, Kamis mengatakan, walaupun pihaknya telah menerima 4.000 keping blangko KTP El dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Kemendagri, namun angka tersebut masih kurang. 

"Dari jumlah blanko E KTP yang diterima jika dibandingkan jumlah keperluan blangko yang siap cetak masih kurang. Dari data yang ada,  keperkuan kita sebanyak 14.310 yang menjadi kebutuhan," katanya. 

Dari hasil koordinasi dengan Dirjen Dukcapil, pengiriman dilakukan secara kontinyu dan bertahap pada periode berikutnya. Dengan demikian, pencetakan KTP-E tidak akan terhambat atau terganggu.

Menurutnya, permintaan angka mencapai 14.310 tersebut untuk pembuatan KTP-E serta sebagai antisipasi penggantian KTP-E warga yang rusak atau hilang atau mengalami perubahan.

Untuk saat ini, ketersediaan 4.000 keping blanko yang sudah siap tersebut diprioritaskan untuk pembuatan KTP-E bagi warga yang sudah terekam namun belum memiliki KTP-E. 

Ia juga mengimbau agar warga yang belum melakukan perekaman data untuk KTP-E agar secepatnya mendaftarkan diri untuk perekaman data di Kantor Kecamatan sesuai wilayah masing-masing.