Ini 6 Obat Alami Atasi Nyeri Datang Bulan

id kesehatan, tips, nyeri datang bulan, obat alami, 6 Obat Alami Atasi Nyeri Datang Bulan

Ini 6 Obat Alami Atasi Nyeri Datang Bulan

Ilustrasi - Datang Bulan (http://klinikginekologi.net)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Nyeri saat datang bulan adalah hal yang biasa terjadi terutama pada usia remaja, namun tidak menutup kemungkinan juga wanita dewasa mengalami nyeri saat datang bulan. Bagi wanita karir dengan segudang aktivitas pasti akan sangat menyebalkan jika mengalami nyeri saat datang bulan. Hal ini akan sangat mengganggu aktivitas dan membuat emosi tidak stabil.

Nyeri saat datang bulan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti stress, tubuh tidak fit, obesitas atau terlalu kurus. Menurut penelitian, sekitar 90% wanita pasti mengalami nyeri saat datang bulan. Perlu diingat bahwa nyeri berlebihan dapat menjadi tanda dari infeksi rahim. Segeralah konsultasikan dengan dokter jika sampai mengalami gejala muntah, pendarahan atau demam saat datang bulan.

Ada beberapa pengobatan alami yang dapat menyembuhkan atau mencegah nyeri berlebih saat datang bulan:

1. Hindari Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji dapat mengganggu kesehatan karena rasanya cenderung lebih asin atau terlalu manis dan hal itu dapat memperburuk rasa kembung. Gula dan lemak jenuh pada makanan cepat saji akan meningkatkan kadar estrogen yang memicu gejala PMS.

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau mengandung kalsium dan magnesium yang dapat membantu mengendurkan otot-otot penyebab kram dan rasa kembung.

3.Air Putih
Hindari meminum alkohol dan perbanyak konsumsi air putih karena dapat membantu mengurangi nyeri saat datang bulan. Minumlah air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke kulit serta membantu merileksasikan otot agar tidak kram.

 4. Pepaya
Kandungan beta karoten, Vitamin A, C dan enzim papain pada pepaya dapat membantu melancarkan aliran darah selama menstruasi.

5. Kayu Manis
Kayu manis bukan hanya dimanfaatkan untuk memasak tapi juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri saat datang bulan. Kayu manis merupakan sumber mangan yang dapat mengurangi kram perut serta melancarkan pencernaan.

6. Sinar Matahari
Berjemur dibawah sinar matahari saat pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari langsung bagus untuk mengurangi kram saat haid agar tidak semakin parah. Jika tidak sempat untuk berjemur dibawah terik sinar matahari pagi dapat menggantinya dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.


Sumber : www.kesehatan.tips/Retno Indriyani