Jelang Ramadhan, Disdagkop Barito Selatan Laksanakan Operasi Pasar

id barito selata, buntok, disdagkop barsel, Dekma, operasi Pasar,

Jelang Ramadhan, Disdagkop Barito Selatan Laksanakan Operasi Pasar

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Barsel, Dekma (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

...kita akan melakukan pengecekan harga ditingkat pedagang eceran dengan mengambil sampel yang mana toko yang menjual sembako dengan harga tinggi,"
Buntok (Antara Kalteng) - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan melaksanakan operasi pasar menjelang bulan suci Ramadhan.

"Operasi pasar tersebut rencananya akan dilaksanakan H-2 menjelang bulan suci Ramadhan," kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Selatan, Dekma di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, pada saat operasi pasar tersebut, pihaknya nanti akan melakukan pengecekan harga barang disejumlah agen penjualan sembilan bahan pokok (Sembako) dalam kota Buntok.

"Setelah itu, kita akan melakukan pengecekan harga ditingkat pedagang eceran dengan mengambil sampel yang mana toko yang menjual sembako dengan harga tinggi,"jelas dia.

Kemudian lanjut Dekma, pihaknya akan memberikan masukan kepada para pedagang jangan sampai memanfaatkan hari besar keagamaan menjual harga dengan mengambil keuntungan besar.

"Saat ini, kita melalui bidang Perdagangan terus melakukan pemantauaan harga barang dipasaran dan kondisi harganya masih stabil,"ucap Dekma.

Dalam kegiatan operasi pasar nanti, pihaknya akan membentuk tim yang bekerjasama dengan bagian ekonomi, Satpol PP, Bulog dan Dinas Kesehatan yang juga memantau makanan dan minuman kadaluarsa.

"Operasi pasar tersebut dimaksudkan untuk mengetahui penyebab apabila terjadinya lonjakan harga dan setelah diketahui, maka bisa dilakukan antisipasi sejak dini,"tambah dia.

Selain itu ia juga mengimbau kepada para pedagang agar jangan memanfaatkan situasi hari besar keagamaan dengan menaikan harga barang.

"Kita juga mengimbau kepada para pedagang agar jangan terpengaruh dengan ikut menaikan harga karena adanya lonjakan harga barang di daerah lain melalui televisi," demikian Dekma.