Bupati Ini Emosi Pejabat Tak Becus Urus Sampah

id bupati kotim, kebersihan sampit, bupati supian hadi

Bupati Ini Emosi Pejabat Tak Becus Urus Sampah

Bupati Kotim H Supian Hadi. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah H Supian Hadi emosional ketika menanggapi soal polemik penanganan sampah yang seakan tidak pernah selesai sehingga menjadi sorotan masyarakat.

"Saat ini kita kedatangan banyak tamu peserta acara Harley Davidson, bahkan sebagian dari luar negeri. Saya minta, jangan bikin malu. Kalau kotor, tidak ada jaminan kepala dinas itu akan menjadi kepala dinas lagi setelah evaluasi," kata Supian Hadi dengan nada meninggi di Sampit, Jumat.

Masalah penanganan sampah kembali menjadi sorotan. Masyarakat mengeluh karena sering ada sampah yang lama tidak diangkut sehingga membuat kesan jorok, kumuh dan tidak mengenakkan.

Terlepas berbagai kendala yang masih dihadapi, Supian menilai seharusnya seorang pimpinan instansi dapat mencari solusi agar masalah tidak berlarut-larut. Pimpinan instansi harus berinisiatif dan tidak hanya mengeluh ketika dihadapkan pada berbagai kendala yang terjadi.

Pengelolaan sampah tidak hanya dituntut menyelesaikan masalah yang ada saat ini, tetapi juga mengantisipasi lonjakan sampah seiring terus bertambahnya jumlah penduduk. Sangat disayangkan jika instansi terkait hanya mengeluh dan tidak berinisiatif mencari solusi, padahal tantangan yang dihadapi justru semakin besar.

"Yang terjadi saat ini, di internal instansi yang mengurus sampah saja terjadi masalah. Ini seharusnya tidak boleh terjadi karena dampaknya mengganggu pelayanan kepada masyarakat," kata Supian.

Supian memperingatkan pejabat terkait tidak menyepelekan masalah sampah. Dampak yang ditimbulkan oleh sampah cukup luas, khususnya dalam hal ancaman wabah penyakit menular seperti demam berdarah, diare dan lainnya.

Menurunnya tingkat kebersihan membuat Sampit tidak lagi mendapat piala Adipura dalam beberapa tahun terakhir. Namun Supian menegaskan Adipura bukan tujuan utama pemerintah daerah karena yang penting justru adalah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menjalankan pola hidup sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit.