Ternyata! Pemkab Barsel Sudah Miliki Perda Penanggulangan Rabies

id Perda Penanggulangan Rabies, buntok, barito selatan, Edi Kristianto, sekda barito selatan

Ternyata! Pemkab Barsel Sudah Miliki Perda Penanggulangan Rabies

Sekda Barsel, Ir Edy Kristianto (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Barito Selatan, Kalimantan Tengah merupakan salah satu kabupaten yang telah miliki Peraturan Daerah tentang pencegahan dan penangulangan rabies.

"Peraturan Daerah (Perda) tentang pencegahan dan penangulangan rabies tersebut telah disahkan legistatif pada 2016 lalu," kata Sekda Barito Selatan (Barsel), Edi Kristianto di Buntok, Jumat.

Menurut dia, perda ini sangat penting, mengingat masih banyak masyarakat di wilayah setempat yang memelihara anjing dan bahkan dalam setiap bulan ada orang yang terkena gigitan.

"Dengan adanya perda ini, para pemilik hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera nantinya tidak kerepotan dan warga tidak was-was terhadap penyakit rabies akibat gigitan," ucap dia.

Sebab lanjut dia, kalau tidak dilakukan penangulangan dan antisipasi terhadap penyakit rabies, maka bisa menyebakan kematian. Selain itu, dalam perda ini mengatur agar hewan-hewan peliharan itu akan diberi vaksin oleh petugas.

"Saya meminta dinas ketahanan pangan pertanian dan peternakan (DKPPP) untuk membagikan Perda ini kepada seluruh kepala desa agar nantinya mereka akan menyosialisasikan kepada masyarakat didesanya masing-masing," pinta dia.

Ia berharap dengan adanya perda pencegahan dan penanggulangan rabies ini diharapkan kedepannya khususnya dilima kecamatan di wilayah Barito Selatan ini tidak ada lagi terjadi kasus rabies.

(Baca Juga : Ini Gejala Apabila Digigit Anjing Rabies)

Sementara Kabid Peternakan, Hevijanto mengatakan, pihaknya telah gencar melakukan sosialisasi dari mulai terbitnya perda rabies ini.

"Sosialisasi tersebut, dilaksanakan khusus di daerah endemis atau potensi yang berkemungkinan terkena penyakit rabies," tambah dia.

Ia menyampaikan, pada Mei 2017 ini, pihaknya akan melaksanakan vaksinasi rabies secara massal di lima kecamatan di wilayah Barito Selatan ini," demikian Hevijanto.