Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Seruyan

id dinkes seruyan, gerakan hidup sehat, Mahdiniansyah, germas

Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Seruyan

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (setkab.go.id)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah gencar mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat kepada masyarakat di kabupaten tersebut.

"Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan penuh kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia mengatakan, gerakan dimulai dengan tiga fokus kegiatan yaitu meningkatkan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayuran, serta deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM).

"Jadi, kita mengajak dan menganjurkan masyarakat untuk rajin berolahraga, mengkonsumsi buah dan sayuran serta secara berkala melakukan pemeriksaan kesehatan ke pusat kesehatan masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, secara umum, Germas dilakukan sebagai bentuk penguatan promotif dan preventif masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Adapun tujuan khusus Germas adalah untuk meningkatkan pastisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

"Prinsip Germas yaitu kerjasama multisektor, keseimbangan masyarakat, keluarga dan individu, pemberdayaan masyarakat, penguatan sistem kesehatan, pendekatan siklus hidup, Jaminan Kesehatan Nasional dan fokus pada pemerataan layanan," katanya.