Wilayah Barsel dan Bartim Berpeluang Hujan Ringan

id Barito Selatan, Barito Timur, Hujan Ringan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, wilayah kabupaten Barito Selatan

Wilayah Barsel dan Bartim Berpeluang Hujan Ringan

Hujan di kota Palangka Raya - (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Buntok (Antara Kalteng) - Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, wilayah kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah berpeluang hujan ringan beberapa hari ke depan.

"Curah hujan dua kabupaten tersebut dari 27 hingga 30 April 2017 antara 5 hingga 10 mm/hari," kata prakirawan Stasiun Meteorologi Sanggu Buntok Sudarmono di Buntok, Minggu.

Ia mengatakan, curah hujan pada 1 Mei diperkirakan sebesar 10 hingga 20 mili meter per hari, sedangkan pada 2 Mei 2017 curah hujannya diprediksi antara 5-10 mili meter.

Menurut dia, untuk analisis daerah tekanan rendah dan arah angin dalam sepekan kedepan gangguan cuaca di Indonesia khususnya di Kalimantan masih dipengaruhi oleh dua daerah tekanan rendah.

"Dua tekanan rendah tersebut yakni berada di wilayah Samudera Indonesia sebelah selatan Lampung dan perairan Papua bagian selatan (Laut Aru)," ucap prakirawan Stasiun Meteorologi Sanggu Buntok itu.

Ia menjelaskan, sedangkan untuk awan berasal dari arah barat daya hingga utara, dan begitu juga dengan angin permukaan (10 meter) dari arah barat daya hingga ke utara.

Ditambah adanya Eddy (Pusaran awan) dan belokan angin diatas wilayah Kalimantan Tengah lanjut dia, maka menyebabkan penumpukan awan yang berpeluang besar terjadinya hujan.

"Sedangkan suhu muka laut Indonesia terkini menunjukkan dalam kisaran 28°C hingga 30°C (hangat) sehingga kondisi ini sangat mendukung pertumbuhan awan konvektiv dalam 7 hari kedepan," demikian Sudarmono.