DPRD Bartim Kunjungi Barito Kuala Pelajari Pilkades Serentak

id DPRD bartim, barito kuala, pilkades serentak

DPRD Bartim Kunjungi Barito Kuala Pelajari Pilkades Serentak

Pemilihan kepala desa (Pilkades). (turateanews.com)

Marabahan (Antara Kalteng) - Rombongan Komisi I DPRD serta Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalimantan Tengah, berkunjung ke Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, terkait pelaksanaan Pilkades serentak serta pengelolaan dana desa.

Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bartim Jonjo Briano, Selasa, mengatakan kehadirannya ke Barito Kuala selain untuk silaturahmi juga dalam upaya menambah pengetahuan terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak serta pengelolaan dana desa.

"Harapan kami melalui kunjungan ini akan semakin menguatkan hubungan sinergisitas untuk mewujudkan kemajuan pembangunan daerah, dan kesejahteraan masyarakat dengan senantiasa berusaha memaksimalkan segenap potensi dan kemampuan sumber daya alam dan sumber daya manusia di masing-masing daerah," katanya.

Berkenaan dengan pelaksanaan Pilkades dan pengelolaan anggaran Dana Desa, rombongan Bartim mendapatkan penjelasan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Barito Kuala, Dahlan.

Menyangkut pelaksanaan Pilkades dan pengelolaan dana desa termasuk pembinaan peningkatan kinerja pemerintahan desa, sejumlah strategi dipaparkan oleh Dahlan.

Mulai dari langkah awal implementasi Undang-Undang Desa dan aturan pelaksanaannya, pelaksanaan Pilkades serentak dan persyaratan, anggaran Pilkades, perekrutan perangkat desa hingga kebijakan dana transfer/dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD).

Sementara itu, rombongan yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Bartim Jonjo Briano dan Kepala BPMD Barito Timur Kardinal diterima Asisten Bidang Pembangunan Setda Batola M Anthony serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMP) Dahlan serta jajaran.