Hebat! Bupati Barito Utara Akan Terima Penghargaan Dari Presiden

id bupati barut, Penas KTNA di aceh, penghargaan Satya Lencana Wira Pembangunan

Hebat! Bupati Barito Utara Akan Terima Penghargaan Dari Presiden

Bupati Barito Utara, Nadalsyah menerima kontingen Penas KTNA Kabupaten Barito Utara sebelum berangkat ke Aceh di ruang kerjanya, Selasa. (Foto Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara Nadalsyah dijadwalkan menerima penghargaan Satya Lencana Wira Pembangunan dari Presiden RI dan peniti emas dari Kontak Tani Nelayan Andalan pada puncak peringatan KTNA di Banda Aceh, 6-11 Mei 2017.

"Pak Nadalsyah merupakan salah satu dari 426 Bupati/Wali kota se Indonesia. Beliau akan penerima penghargaan Satya Lencana Wira Pembangunan dari Presiden Joko Widodo dan peniti emas dari KTNA," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Setia Budi di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Budi, penghargaan ini bukan akal-akalan yang bernuansa politik. Namun dalam pemberiannya pihak penerima diaudit oleh Sekretaris Militer Presiden dan pihak mereka telah datang ke Kabupaten Barito Utara.

Proses ini diusulkan melalui Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah kepada Gubernur Kalteng dan dilanjutkan pengusulan ke Kementerian Pertanian kemudian diusulkan kembali kepada Presiden melalui Sekretaris Militer.

"Penghargaan ini dinilai karena Kabupaten Barito Utara selama tiga tahun berturut-turut dapat memenuhi target produksi padi," katanya.

Sementara Bupati Nadalsyah melepas kontingan Pekan Nasional KTNA XV Kabupaten Barito Utara di ruang kerjanya yang akan berangkat Ke Aceh meminta kepada peserta yang akan mengikuti kegiatan nasional itu betul-betul mengikuti dan memanfaatkan acara nanti dengan sebaik-baiknya.

"Jangan acara ini dijadikan ajang wisata karena tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk bertukar pikiran, pendapat dan ilmu pengetahuan serta pengalaman dengan perwakilan petani dari seluruh Indonesia," katanya.

Bupati Nadalsyah mengharapkan bagi penyuluh yang ikut serta agar bisa memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menambah ilmu dan pengalaman yang nantinya dapat dibagikan kepada petani yang ada di daerah Kabupaten Barito Utara.

Kemudian bagi petani di Barito Utara nantinya jangan sampai petani hanya bisa bertani saja akan tetapi harus menjadi petani yang bisa meningkatkan pendapatan dari hasil pertaniannya. Harapan ke depan para petani bisa mengubah mindset atau pola pikir yang selalu mengharapkan bantuan dari pemerintah.

"Karena bantuan pemerintah hanya bersifat sementara untuk memberikan suport dan motifasi awal agar petani bisa mandiri. Petani harus mampu maju dan berkembang karena petani salah satu penopang kestabilan perekonomian," ujar Nadalsyah.