15 Siswa SLTA di Barito Utara Tak Lulus UN?

id barito utara, Masdulhaq, 15 Siswa SLTA di Barito Utara Tak Lulus UN

15 Siswa SLTA di Barito Utara Tak Lulus UN?

Ilustrasi, Salah satu siswa disekolah Kota Palangka Raya melakuakan sujud ucap syukur karena lulus pada ujian nasional (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Bahkan ada yang tidak lulus karena berhenti sebelum UN dengan alasan menikah,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sedikitnya 15 siswa dari 1.663 orang peserta ujian nasional tahun ajaran 2016/2017 di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah tingkat SLTA tidak lulus ujian.

"Para siswa dari sejumlah sekolah yang tidak lulus ujian nasional itu dengan berbagai macam alasan,namun ada juga sekolah yang siswanya lulus 100 persen," kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara (Barut) Masdulhaq di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Masdulhaq siswa yang tidak lulus itu ada yang berhenti sebelum UN ada juga yang tidak mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UBNK) dan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) kemudian ada tidak tuntas semua mata pelajaran.

Di samping itu siswa yang tidak lulus tersebut karena nilai ujian sekolah (US) kurang atau tidak mencapai standar lulus dan tidak ikut UN karena mengalami kecelakaan.

"Bahkan ada yang tidak lulus karena berhenti sebelum UN dengan alasan menikah," katanya.

Masdulhaq menjelaskan, ribuan siswa itu berasal dari SMA 849 siswa, SMK 603 siswa, dan Madrasyah Aliyah 211 orang sedangkan SMA Luar Biasa tahun ini tidak ada.

Tahun ini sekolah yang menggelar UNBK ada tujuh sekolah yakni SMKN 1 dan SMKN 2 Muara Teweh, SMAN 1 dan SMAN 2 Muara Teweh, SMAN Tumpung Laung Kecamatan Montallat serta SMAN 4 Trahean kecamatan Teweh Selatan mencapai 1.158 siswa.

"Sedangkan 505 siswa lainnya UNKP," jelas dia.

Dia mengatakan, tahun ini siswi SMAN 1 Muara Teweh atas nama Asyistadiah Kartika Ilmiya berhasil meraih nilai UNBK pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan nilai sempurna atau 100.

"Siswi jurusan IPA ini berhasil meraih nilai tertinggi untuk hasil UNBK di Barito Utara, bahkan mungkin juga se Kalteng," kata Masdulhaq.