Pemkab Barito Selatan Gelar Lokakarya Akreditasi PAUD

id barito selatan, Jumadi, Lokakarya Akreditasi Paud

Pemkab Barito Selatan Gelar Lokakarya Akreditasi PAUD

Sebanyak 40 orang dari lembaga, kepala dan pengelola PAUD dan TK yang mengikuti kegiatan sosialisasi dan lokakarya akreditasi, di Buntok, Rabu (3/5/2017). (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

...untuk menilai dan menentukan kelayakan mutu program dan satuan pendidikan pada jalur PAUD, serta pendidikan non formal,"
Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan sosialisasi dan lokakarya akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini di wilayah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Barito Selatan, Jumadi di Buntok, Rabu mengatakan kegiatan ini merupakan program Badan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kalimantan Tengah.

"Tujuan dari akreditasi PAUD ini adalah untuk menilai dan menentukan kelayakan mutu program dan satuan pendidikan pada jalur PAUD, serta pendidikan non formal," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menginformasikan kepada stokeholder tentang kebijakan serta mekanisme akreditasi dan diharapkan setelah kegiatan ini jumlah permohonan akreditasi lebih meningkat.

Selain itu ia juga menyampaikan, berdasarkan kriteria yang ditetapkan peraturan perundang-Undangan, setiap program dan satuan PAUD serta PNF harus memenuhi standar pelayanan minimal yang ditetapkan SK Menteri Pendidikan Nasional.

"SK Menteri Pendidan Nasional tersebut merupakan ukuran minimal untuk bisa mendapatkan status terakreditasi yang paling rendah. Didalam Undang - Undang Nomor 20/2013 juga ada 8 aspek yang perlu distandarisasi,"ucap dia.

Menurut dia, delapan aspek itu yakni isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan lainnya, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan serta penilaian.

"Hal ini dapat diartikan bahwa akreditasi adalah upaya menstandarisasi kedelapan hal tersebut sesuai dengan keberadaan maupun karakteristik PAUD dan PNF," jelas Jumadi.

Sementara ketua panitia pelaksana kegiatan, Edi Suharto menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini diikuti 40 orang dari lembaga, kepala dan pengelola PAUD dan PNF di wilayah setempat.

"Kegiatan ini tujuannya untuk memebrikan informasi, pemahaman dan motivasi untuk meningkatkan penyelenggaraan akreditasi satuan dan program PAUD dan PNF," kata Edi Suharto yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional Barito Selatan itu.