Ramadhan, Ini Makanan yang Paling Dicari di Google

id google, makanan yang paling dicari saat ramadhan, bulan puasa

Ramadhan, Ini Makanan yang Paling Dicari di Google

Illustration of Google and EU Antitrust. (computing.co.uk)

Jakarta (Antara Kalteng) - Pencarian tentang konten kuliner di Google Search mengalami peningkatan selama bulan Ramadhan 2016 lalu, naik 23 persen dibandingkan bulan biasa.

"Misalnya, resep baru, kue lebaran," kata Analis Industri Google Indonesia Ariani Dwijayanti saat pemaparan di Jakarta, Kamis.

Pencarian paling banyak, meningkat hingga 16 kali, berkaitan dengan sahur di jalan (sahur on the road), pasar ramadhan, buka puasa bersama dan menunggu waktu berbuka alias ngabuburit.

Setiap wilayah di Indonesia memiliki pencarian yang berbeda tentang resep makanan untuk Ramadhan, kebanyakan sesuai dengan makanan khas daerah masing-masing.

Di Sumatera, resep yang paling banyak dicari adalah soto medan, pindang patin dan sayur asem, sementara di Pulau Jawa antara lain soto lamongan dan garang asem.

Pengguna internet di Kalimantan banyak mencari donat kentang, nasi goreng dan bingka kentang. Sulawesi, yang paling banyak dicari adalah coto makassar, mie goreng dan masakan dari Gorontalo.

Pulau Bali dan Nusa Tenggara banyak mencari nasi goreng, ayam serta masakan Bali.

Pencarian paling banyak di Papua dan Maluku justru makanan yang berasal dari daerah lain, seperti rendang, coto makassar, sayur asem dan rawon.

Meski pun pencarian resep masakan sangat beragam, Google Indonesia mencatat ada makanan yang selalu dicari oleh pengguna internet di berbagai tempat, yaitu soto ayam, opor ayam, es buah dan kue kering.