Sumber Protein Tinggi, Masyarakat Diajak Perbanyak Konsumsi Ikan

id pemkab seruyan, Priyo Widagdo , Sumber Protein Tinggi, Masyarakat Diajak Perbanyak Konsumsi Ikan

Sumber Protein Tinggi, Masyarakat Diajak Perbanyak Konsumsi Ikan

Ilustrasi (Istimewa)

Ikan mengandung protein yang tinggi, jadi sangat baik dikonsumsi khususnya pada masa pertumbuhan anak sehingga kecerdasannya akan semakin meningkat,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengajak masyarakat untuk memperbanyak konsumsi ikan yang merupakan salah satu sumber protein penting bagi tubuh.

"Ikan mengandung protein yang tinggi, jadi sangat baik dikonsumsi khususnya pada masa pertumbuhan anak sehingga kecerdasannya akan semakin meningkat," kata Kepala Dinas Perikanan Seruyan Priyo Widagdo saat pembukaan lomba masak serba ikan di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia mengatakan untuk mendapatkan ikan laut maupun ikan sungai sebagai sumber makanan di kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring" relatif sangat mudah.

Dari data yang ada, Seruyan merupakan salah satu kabupaten dengan potensi perikanan terbesar di Kalteng dengan produksi perikanan lebih dari 20 ribu ton per tahun untuk ikan hasil tangkapan maupun ikan hasil budidaya.

Selain dengan membeli di pasar, ikan juga dapat dengan mudah didapat seperti di sekitar pantai, sungai atau rawa-rawa dekat lingkungan masyarakat tinggal.

"Jadi dengan potensi ikan yang melimpah, maka masyarakat Seruyan sebenarnya dapat dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan, dan tidak ada alasan pula bagi masyarakat untuk malas mengonsumsi ikan sehari-hari," katanya.

Ia menambahkan ajakan untuk meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat telah dilakukan Dinas Perikanan, yakni dengan mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ke sekolah-sekolah.

Pemerintah berharap, melalui Gemarikan dapat mendorong terwujudnya keanekaragaman pangan berbahan baku ikan yang berdampak pada kekuatan dan kecerdasan masyarakat, serta makin banyak masyarakat yang mengonsumsi ikan sehari-hari dalam keluarga.

"Selain menyehatkan masyarakat, dengan mendorong peningkatan konsumsi ikan, berarti permintaan ikan semakin naik sehingga akan mendorong produksi dan pemasaran, yang secara keseluruhan akan menggerakkan perekonomian masyarakat," katanya.