Wah! Harga Bawang Putih di Sampit Naik Tinggi

id bawang putih, harga bawang putih, harga bawang putih di sampit

Wah! Harga Bawang Putih di Sampit Naik Tinggi

Pedagang bawang putih. (ANTARA FOTO)

Sampit (Antara Kalteng) - Harga bawang putih di pasar tradisional di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, naik tinggi bahkan melampaui harga bawang merah.

"Selama ini yang mahal itu bawang merah, tapi seminggu terakhir ini malah bawang putih yang naik sangat tinggi. Kalau saya lihat di televisi, di Jawa sedang gagal panen makanya mungkin pengaruhnya sampai ke sini," kata Aisyah, salah seorang warga Sampit, Jumat.

Pantauan di Pasar Keramat, bawang putih dijual bervariasi antara Rp52.000 sampai Rp55.000 /kg, sedangkan bawang merah Rp28.000 sampai Rp35.000 /kg. Harga ini sangat tinggi karena saat kondisi normal harga bawang putih hanya sekitar Rp20.000, sedangkan bawang merah Rp22.000 /kg.

Tingginya harga bawang cukup membuat kaget pembeli. Apalagi setelah mereka mengetahui kini harga bawang putih yang jauh lebih mahal dibanding bawang merah.

"Untungnya saya tidak terlalu banyak menggunakan bawang putih. Yang sangat merasakan kenaikannya ini mereka yang berjualan makanan karena pasti banyak membutuhkan bawang putih," kata Aisyah.

Sumi, salah seorang penjual bawang mengatakan, saat ini stok bawang di agen besar di Sampit lebih sedikit dibanding biasanya. Hal itulah yang memicu harga bawang kembali naik tinggi.

"Bawangnya kosong. Dapat sedikit pun syukur asal masih bisa tetap berjualan. Katanya di Jawa juga sedang kosong. Biasanya kalau stok sedikit ini harga memang naik," kata Sumi.

Bawang merah dan bawang putih untuk memenuhi kebutuhan di Kotawaringin Timur sebagian besar didatangkan dari beberapa daerah di pulau Jawa. Itu terjadi karena produksi bawang oleh petani lokal masih sangat rendah.

Akibat ketergantungan pasokan itulah membuat harga bawang tinggi. Bahkan harga akan melambung ketika stok menipis akibat terhambatnya pasokan dari Jawa menuju Sampit.

Pemerintah daerah bekerjasama dengan Bank Indonesia, mendorong petani di sejumlah kecamatan untuk meningkatkan produksi bawang. Meski mulai menunjukkan hasil, namun produksinya belum mampu mencukupi seluruh kebutuhan.

Selain bawang, harga cabai rawit juga masih tinggi. Saat ini harga cabai rawit di Pasar Keramat berkisar Rp60.000 hingga Rp80.000 /kg, padahal harga dalam kondisi normal hanya sekitar Rp25.000 /kg.