Ini Hasil Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan DPRD Barito Utara

id DPRD barut, Set Enus Y Mebas, alat kelengkapan dewan

Ini Hasil Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan DPRD Barito Utara

Ketua DPRD Barito Utara, Set Enus Y Mebas. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - DPRD Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah memilih pimpinan alat kelengkapan dewan yang baru dengan dihadiri 19 dari 25 anggota DPRD setempat.

Pemilihan pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) itu dipimpin Ketua DPRD Barito Utara (Barut) Set Enus Y Mebas di gedung DPRD setempat di Muara Teweh, Jumat.

Ketua DPRD Barito Utara, Set Enus Y Mebas mengatakan memilih AKD ini dengan formula musyawarah untuk mufakat dalam penentuan pimpinan. Mekanisme voting dijadikan alternatif terakhir, sehingga suasana pemilihan menjadi sejuk.

"Sebaiknya kita memilih cara musyawarah untuk mufakat saja. Kalau pemilihan lewat voting, nanti terjadi kubu-kubuan. Saya usulkan cara musyawarah diterapkan dalam pemilihan alat kelengkapan, karena parpol pun banyak yang kembali memilih cara tersebut," kata Set Enus yang juga politisi dari PDI Perjuangan ini.

Pemilihan diserahkan kepada masing-masing komisi, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Badan Legislasi (Baleg) dan Badan Kehormatan (Baleg). Pemilihan berakhir dalam waktu sekitar 30 menit.

Hasilnya terpilih sebagai berikut:

- Ketua Komisi I Taufik Nugraha (F-PDIP), Wakil Ketua Sinaryati (Fraksi GKKB), dan Sekretaris Rujani Anggraini (F-Demokrat). 

- Ketua Komisi II HA Mahmud (F-PPP), Wakil Ketua Henny Rosgiaty Rusli (F-PDIP), dan Sekretaris Jamilah (F-GKKB).

- Ketua Komisi III Tajeri, Wakil Ketua Hasrat (F-PAN), dan Sekretaris Abri (F-PPP).

- Ketua Baleg dipercayakan kepada Helma Nuari Fernando (F-PDIP). Politisi muda asal Partai Nasdem ini, sebelumnya tidak masuk dalam bursa calon terkuat.

- Ketua BK tetap dipegang Purman Jaya yang sudah tiga periode duduk di DPRD Barito Utara, Wakil Ketua BK Mustafa Joyo Muchtar. 

"Kita harapkan semua pimpinan AKD DPRD Barito Utara dapat melaksanakan tugas baru nya sehingga dapat menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintah," kata Set Enus.