RSUD Hanau Seruyan Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

id RSUD Hanau Seruyan, Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, RSUD Hanau Seruyan Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

RSUD Hanau Seruyan Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

Ilustrasi (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Rumah Sakit Umum Daerah Hanau, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah telah menjalin kerja sama bidang pelayanan kesehatan dengan sejumlah perusahaan besar swasta yang ada di kabupaten tersebut.

"Sejauh ini sudah ada tujuh perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit yang telah menandatangani memorandum of understanding atau MoU bidang kesehatan dengan kita," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hanau Riza Syahputra di Kuala Pembuang, Minggu.

Sejumlah perusahaan yang telah menandatangani MoU sepakat untuk menjadikan RSUD Hanau sebagai rumah sakit rujukan apabila ada karyawan yang tidak dapat ditangani oleh dokter umum perusahaan.

"Kita dari rumah sakit juga bisa mengirimkan dokter spesialis untuk menjadi tenaga ahli yang bertugas mengedukasi karyawan perusahaan," katanya.

Ia mengatakan, kerja sama yang telah terjalin tersebut merupakan salah satu bentuk kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap pelayanan RSUD Hanau sebagai rumah sakit rujukan.

"Bahkan ada perusahaan dari kabupaten lain yang dekat dengan RSUD Hanau juga ingin menjalin kerjasama bidang pelayanan kesehatan, namun belum disepakati karena kita ingin secara adminsitrasi atau aturan tidak menimbulkan masalah," katanya.

RSUD Hanau sebagai salah satu rumah sakit pemerintah di Seruyan memiliki potensi untuk menjadi rumah sakit yang besar. Secara geografis RSUD Hanau yang berada di Jalan Trans Kalimantan Sampit-Pangkalan Bun dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Mudahnya mendapat akses pelayanan kesehatan bukan hanya dirasakan oleh warga Seruyan, tapi juga oleh warga kabupaten lain, yakni warga Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Kotawaringin Barat yang tinggal di daerah perbatasan dengan Seruyan.

"Selain semakin baiknya pelayanan, akses yang mudah membuat banyak warga dan karyawan perusahaan berobat ke RSUD Hanau. Setiap harinya pasien yang datang berobat berkisar 40-50 orang. Pasien itu tidak hanya dari Seruyan tapi juga dari kabupaten lain yang tinggal dekat dengan Seruyan," katanya.