DRPD Bartim Akan Tinjau Persiapan Pilkades Tiap Desa

id dprd bartim. pilkades serentak, gamelson lazarus bayan

DRPD Bartim Akan Tinjau Persiapan Pilkades Tiap Desa

Pemilihan kepala desa (Pilkades). (turateanews.com)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Timur, Kalimantan Tengah akan meninjau 87 desa yang menyelenggarakan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serantak pada Juli mendatang.

Anggota DPRD Bartim, Gomelson Lazarus Bayan SKM mengatakan, peninjauan dimaksud untuk mengawal kesiapan pilkades. Dalam pelaksanaannya ke depan, DPRD akan mengagendakan rapar kerja lagi dengaj Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat. 

"Tujuannya untuk mengawal pilkades berjalan sesuai dengan tahapan jadwal, terukur dan terencana," katanya di Tamiang Layang. 

Diterangkan Gomelson, dengan peninjauan ini maka akan bisa terinventarisir segala kendala sehingga bisa diselesaikan dengan secepatnya. 

"Jika ada yang kurang, maka akan segera teratasi melalui peninjauan kembali kesiapan pilkades. Sebab,  dari info yang diterima, masih ada desa yang belum membentuk panitia pelaksana pilkades," katanya. 

Politisi PAN ini mengharapkan pilkades yang akan dilaksanakan serentak itu bisa terlaksana sesuai dengan harapan dan peraturan perundangan yang berlaku sehingga menghasilkan pemimpin tingkat desa yang handal dan berkualitas.

Kades yang terpilih juga diharapkan mampu membangun desanya dengan melaksanakan program pembangunan desa sesuai visi dan misi desa yang merujuk pada visi dan misi pembangunan Kabupaten, Provinsi dan Nasional. 

Oleh karena itu, diperlukan keseriusan dalam mengawal pesta demokrasi tingkat desa untuk dapat terlaksana sesuai dengan haraoan masyarakat, kata Gomelson.