Ormas Bartim "Mati Suri", Jelang Pilkada Aktifnya?

id ormas bartim, kesbangpolinmas bartim, karioto

Ormas Bartim "Mati Suri", Jelang Pilkada Aktifnya?

Sekretaris Dinas Kebangpol Kabupaten Barito Timur, Karioto. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Tinur, Kalimantan Tenga, mengungkapkan dari 21 organisasi kemasyarakatan yang tercatat di instansinya, tidak ada satu ormas yang memiliki keaktifan menyampaikan kegiatannya. 

Sekretaris Dinas Kesbangpol, Karioto di ruang kerjanya, Senin, mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah ada data pelaporan kegiatan organisasi masyarakat (Ormas) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tahunan di Barito Timur. 

Ia mengatakan, kewajiban ormas menyampaikan laporan kegiatan tahunan. Kalau tidak menyampaikan kegiatan tahunan maka dianggap ormas tersebut sudah "mati suri" atau tidak aktif lagi. 

"Dampaknya, kita tidak mengetahui apakah ormas tersebut masih aktif atau tidak aliat atu suri?" kata Karioto.

Namun demikian, jika mendekati pemilu, pilkada maupun pileg, maka ormas biasanya memiliki keaktifan lagi dan ramai bermunculan di lapangan, sehingga terkesan ormas di Bartim musiman. 

"Bahkan dalam tahun ini saja ada tiga ormas yang belum memberitahukan perpanjangan atau pengutus masa jabatan baru karena habis masa jabatannya," ungkap Karioto. 

Tapi belum ada pelaporan pengurus baru hingga saat ini. Hal ini membuat opini kepengurusan dalam ormas tersebut vakum. 

"Kami mengharapkan ormas yang ada di Bartim memiliki kesadaran akan pentingnya membuat pelaporan kegiatan tahunan sehingga bisa dilakukan analisa dan evaluasi kegiatan ormas tersebut dalam pemerintahan," demikian diharapkan Karioto.