BPK Dorong Seruyan Dirikan Perusahaan Daerah

id Bupati seruyan, Sudarsono, BPK Dorong Seruyan Dirikan Perusahaan Daerah

BPK Dorong Seruyan Dirikan Perusahaan Daerah

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika )

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Kalimantan Tengah mendorong Pemerintah Kabupaten Seruyan untuk mendirikan perusahaan daerah sebagai salah satu upaya meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Saat berbincang dengan pihak BPK belum lama ini, ada disinggung masalah perusahaan daerah (Perusda), dan kita di daerah diharapkan untuk dapat mendirikan Perusda," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Senin.

Ia mengatakan, berdasarkan arahan dari BPK, pemerintah daerah pada saat sekarang dan akan datang dituntut bukan hanya pandai menggunakan anggaran, tapi juga harus pandai mencari berbagai peluang usaha untuk pendapatan daerah sehingga pemerintah daerah bisa lebih mandiri.

"Jadi mindset yang ingin dibangun, bukan hanya menggunakan dan memeriksa keuangan, tapi bagaimana melahirkan uang," katanya.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini menjelaskan, pada 2016 lalu, Pemkab Seruyan sebenarnya sudah pernah mengusulkan pendirian Perusda atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), namun belum disetujui oleh DPRD.

"Karena keberadaan BUMD cukup penting untuk daerah, maka usul pendirian BUMD akan kembali kita sampaikan ke DPRD," katanya.

Menurutnya, selain untuk meningkatkan pendapatan daerah, keberadaan BUMD juga dapat berperan penting untuk mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pertumbuhan ekonomi kerakyatan di berbagai bidang.

Keberadaan BUMD juga dapat mendorong terciptanya pasar yang sehat bagi berbagai komoditas yang lambat berkembang karena harga komoditi yang tidak terkendali dengan baik, yakni dengan menutup celah bagi para spekulan atau tengkulak dengan menjalin kerjasama pasar dengan pemerintah atau pelaku usaha dari daerah lain.

Selain itu, BUMD dapat menjadi solusi untuk menampung berbagai komoditas yang dihasilkan masyarakat dengan harga yang teratur.

"Kita harap dengan terbentuknya BUMD nanti dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di berbagai sektor," katanya.