Operasi Patuh Telabang Untuk Sadarkan Masyarakat Berlalu Lintas

id Operasi Patuh telabang, Polda Kalteng, Brigjen Pol Anang Revandoko,

Operasi Patuh Telabang Untuk Sadarkan Masyarakat Berlalu Lintas

Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Anang Revandoko melakukan cek pasukan yang bakal dilibatkan dalam Oprasi Patuh Telabang 2017 yang dilaksanakan di halaman Polda Kalteng, Selasa (9/5/2017). (Foto Antara Kalteng/Abow)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Polda Kalimantan Tengah melakukan gelar pasukan Operasi Patuh Telabang 2017, Selasa, berpusat di halaman Polda setempat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

"Dengan adanya operasi patuh yang kita gelar selama 15 hari dimulai dari 9 Mei, bisa memberikan kesadaran terhadap masyarakat yang sering melanggar dalam berlalu lintas saat berada di jalan raya dengan menggunakan alat transportasi yang digunakannya," kata Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko.

Selain menyadarkan masyarakat dalam berlalu lintas, kegiatan yang selalu dilakukan setiap setahun sekali itu bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas yang tiap tahunnya selalu terjadi di tiap daerah.

"Yang namanya kecelakaan lalu lintas selama ini tiap harinya selalu terjadi, maka dari itu kita terus menekan para pengguna transportasi ini agar selalu patuh dalam berlalu lintas. Kalau sudah benar berlalu lintasnya masyarakatnya sudah tentu angka kecelakaan menurun sesuai dengan keinginan kita," kata Anang.

Mengenai pasukan yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut selain pihak kepolisian ada pihak TNI, Satpol PP serta Dinas Perhubungan dengan jumlah kurang lebih 400 lebih personil yang di terjunkan dalam operasi ini.

"Dengan waktu yang singkat ini saya menginginkan sifat masyarakat yang tidak taat berlalu lintas di jalan raya bisa sadar. Sebab yang dilakukan petugas nantinya adalah penindakan dalam operasi ini, guna memberikan efek jera bagi pengendara yang selama ini sering melanggar aturan di jalan raya," pintanya.

Sebelumnya orang nomor satu di Polda setempat berpangkat bintang satu itu membacakan sambutan dari Kakorlantas Mabes Polri, dengan adanya dinamika berlalu lintas semakin tinggi dengan munculnya jasa transportasi yang dapat diakses masyarakat dengan pemanfaatan teknologi.

Fenomena itu harus diikuti dengan peningkatan kinerja Polri dalam menyikapi penggunaan jasa transportasi yang semakin modern.

"Dalam pengamatan selama ini, keselamatan berlalu lintas di jalan raya dan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap hukum dinilai sangat memprihatinkan. Maka dari itu, masih banyak ditemukan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan korban jiwa dan kerugian materi," ujarnya.

Maka dari itu operasi yang dilaksanakan petugas kepolisian sangatlah berguna untuk menyadarkan masyarakat yang ada di Kalteng ini dalam berlalu lintas khususnya.