Polres Barito Utara Gelar Operasi Patuh 2017

id polres barut, operasi patuh telabang, Kompol Novianto Tarjono

Polres Barito Utara Gelar Operasi Patuh 2017

Petugas Satlantas Polres Barito Utara melakukan sosialisasi Operasi Patuh Telabang tahun 2017 di kawasan perekonomian di Muara Teweh, Selasa. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Polres Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Telabang tahun 2017.

Gelar pasukan yang dipimpin Wakil Kapolres Barito Utara, Kompol Novianto Tarjono itu dilakukan di halaman Mapolres setempat di Muara Teweh, Selasa.

Operasi Patuh yang digelar selama 14 hari mulai 9-22 Mei 2017 ini untuk melakukan penertiban terhadap lalu lintas dan juga membiasakan masyarakat untuk tertib dan patuh dalam berlalu lintas di jalan raya.

"Sasaran pada operasi ini terdiri dari pengendara yang membahayakan orang lain, yang tidak fokus mengemudi, tidak mematuhi rambu dan marka jalan serta kelengkapan akan surat-surat dalam berkendara dan kelengkapan kendaraan," katanya.

Dia mengimbau para pengendara dapat selalu membawa surat kelengkapan kendaraan dan mematuhi aturan dalam berkendara, sehingga menciptakan keselamatan dalam berkendara.

"kita akan melakukan penilangan terhadap pengendara yang tidak mematuhi aturan dan berpotensi membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain," kata Waka Polres.

Pelanggaran aturan berkorelasi dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Untuk itulah, penertiban harus dimaknai sebagai upaya kepolisian menyelamatkan masyarakat dari kecelakaan lalu lintas.

"Anggota langsung disebar dan berkoordinasi hingga tingkat Polsek. Kami berharap masyarakat mematuhi aturan meski memfokuskan tindakan hukum namun polisi tetap mengedepankan tindakan humanis dan santun kepada masyarakat," kata Novianto.