Wah! Sampah yang Dikelola DLH Bartim Capai 18 Ton Per Hari

id dlh bartim, Lurikto SP MM, sampah bertumpuk

Wah! Sampah yang Dikelola DLH Bartim Capai 18 Ton Per Hari

Kabid Pengelola Persampahan dan Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup Bartim, Lurikto SP MM. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Sampah yang ditangani Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabuoaten Barito Timur, Kalimantan Tengah terus mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah penduduk. 

Kabid Pengelola Persampahan dan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) pada DLH, Lurikto SP MM di ruang kerjanya, Selasa mengatakan, persampahan yang dikelola pihaknya untuk Kecamatan Dusun Tengah, Dusun Timur dan Benua Lima telah mencapai 18,30 ton per hari. 

"Secara skala ada peningkatan tonase pada sampah yang dikelola," ungkapnya. 

Dengan meningkatnya tonase pengelolaan sampah dari tempat pembuangan sementara (TPS) ke tempat pembuangan akhir maka perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana. 

Saat ini ada dua buah truk pengangkut. Jika dibandingkan dengan jumlah tonase sampah per hari, maka masih kekurangan armada angkutan. 

Demikian pula dengan sarana TPS yang ada di tengah-tengah lingkungan masyarakat, dimana masih terlihat sampah menumpuk. Hal ini menandakan kuantitas volume sampah masih sedikit dari volume yang tersedia pada TPS tersebut.

"Walaupun dengan kondisi demikian, kita terus berupaya agar masalah sampah yang ada bisa teratasi dengan baik," tegasnya. 

Warga yang mengharapkan TPS diminta segera berkordinasi dengan DLH bidang persampahan dan limbah B3 agar bisa disediakan TPS. 

"Penempatannya harus ada persetujuan warga setempat merupakan syarat mutlak. Supaya suatu saat nanti tidak ada komplain terkait penempatan TPS," demikian Lurikto.