Mantap! Pemkab Seruyan Sediakan Bus Sekolah Gratis

id Bupati seruyan, Sudarsono, Pemkab Seruyan Sediakan Bus Sekolah Gratis

Mantap! Pemkab Seruyan Sediakan Bus Sekolah Gratis

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika )

...kita mengimbau kepada seluruh orang tua agar tidak melepas anak-anaknya yang belum layak memiliki atau mengendarai sepeda motor.
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menyediakan bus sekolah bagi siswa untuk berangkat ke sekolah.

"Penyediaan bus sekolah ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk mengajak anak yang belum layak berkendara pergi ke sekolah mengendarai sepeda motor sendiri," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia mengatakan selain untuk mengajak siswa di bawah umur tidak menggunakan kendaraan sendiri ke sekolah, program bus sekolah diharapkan dapat menjadi solusi bagi siswa yang kesulitan mendapatkan moda transportasi untuk berangkat sekolah.

"Mudah-mudahan ini dapat bermafaat bagi masyarakat, khususnya bagi siswa sekolah," katanya.

Menurutnya, secara aturan, ada banyak anak sekolah yang masih di bawah umur sebenarnya belum layak untuk mengendarai sepeda motor, namun tetap dibiarkan mengendarai sepeda motor sendiri ke sekolah.

Kondisi itu kalau terus dibiarkan dapat meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak di bawah umur.

Kemudian, ketika terjadi kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur, maka bukan hanya anak tapi juga orang tua akan ikut bertanggung jawab atas kecelakaan yang terjadi.

"Karena itu, kita mengimbau kepada seluruh orang tua agar tidak melepas anak-anaknya yang belum layak memiliki atau mengendarai sepeda motor. Sebab resikonya bukan hanya sekedar anak, tapi orang tua juga akan ikut serta bertanggung jawab ketika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di jalan raya," katanya.

Kepala Bidang Transportasi Darat Dinas Perhubungan Seruyan Dwi Joko Sukoco menambahkan pada tahap awal atau tahap uji coba, Pemkab Seruyan baru mengoperasikan satu bus sekolah khusus di Kuala Pembuang.

Setiap harinya, bus sekolah akan dioperasikan untuk menjemput anak-anak di sejumlah halte di Kuala Pembuang.

"Untuk saat ini, armada bus sekolah ini hanya satu unit dan diperuntukkan bagi pelajar SMP dan SMA di Kuala Pembuang dan sekitarnya. Ini juga masih dalam tahap uji coba. Jika respon masyarakat positif, maka akan kita teruskan dan tingkatkan," katanya.