Syukur! Pasar Dermaga Muara Teweh Segera Direnovasi Jadi Megah, Anggaran dari Pusat

id pasar dermaga muara teweh, pasar mingguan termegah, bupati barut,

Syukur! Pasar Dermaga Muara Teweh Segera Direnovasi Jadi Megah, Anggaran dari Pusat

Bupati Barito Utara Nadalsyah (kedua dari kiri) bersama sejumlah pejabat setempat meninjau pasar mingguan Pasar Dermaga Muara Teweh yang akan direnovasi, Kamis. (Foto Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pasar mingguan yang bernama Pasar Dermaga di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah tahun 2017 ini akan direnovasi.

"Pasar mingguan setiap hari Rabu ini dilakukan rehab berat untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam bertransaksi perdagangan di Muara Teweh," kata Bupati Barito Utara (Barut), Nadalsyah disela-sela melakukan kunjungan ke Pasar Dermaga Muara Teweh, Kamis.

Pasar Dermaga merupakan pasar mingguan terbesar di Kabupaten Barito Utara yang usia sudah relatif tua mencapai puluhan tahun atau dibangun sekitar tahun 85-an yang berkontruksi kayu dibangun di pinggiran Sungai Barito.

Menurut Nadalsyah, rencana pembangunan Pasar Dermaga Baru nantinya akan menggunakan rangka baja ukuran 23 x 59 meter yang menggunakan dana dari pemerintah pusat (APBN) sekitar Rp6 miliar yang saat ini pembagunan pasar masih dalam proses pelelangan.

"Kita harapkan dengan dilakukan rehab berat Pasar Dermaga ini menjadi pasar mingguan termegah," kata Nadalsyah.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Barito Utara, Hajrannor pasar ini nantinya akan menjadi pasar yang lengkap, tempat parkir yang luas, disiapkan tempat bongkar muat dan di lokasi pasar akan disiapkan beberapa ATM.

Selain itu dilengkapi fasilitas pendukung lainnya diantaranya toilet, mushola dan ruang menyusui anak.

"Pasar Dermaga ini dibangun dengan ruang berdasarkan proptotipe dari pemerintah pusat atau Kementerian Perdagangan," katanya.