Ajax Tantang MU di Final Liga Europa Usai Singkirkan Lyon

id ajax, liga europa, lyon

Ajax Tantang MU di Final Liga Europa Usai Singkirkan Lyon

Pemain Ajax merayakan gol Kasper Dolberg pada pertandingan semifinal Liga Europa melawan Lyon, Kamis (11/5). (uefa.com/uefaeuropaleague)

Jakarta (Antara Kalteng) - Ajax Amsterdam, walau kalah di leg kedua ini, namun secara agregat tetap unggul, sehingga menyingkirkan wakil Prancis, Olympique Lyon. Ajak menangdengan agregat 5-4 pada laga semifinal kedua di Lyon, Jumat waktu Indonesia.

Hasil agregat yang membawa kemenangan Ajax itu membawa klub dari Belanda akan menantang Manchester United pada final Liga Europa.

Pada laga kedua ini Lyon berhasil mengalahkan Ajax dengan skor 3-1, namun Ajax tetap melenggang ke final yang akan digelar di Stockholm, pada 24 Mei mendatang berkat kemenangan 4-1 di leg pertama.

Pada jalannya laga, aroma kemenangan Ajax sudah terlihat saat Kasper Dolberg mencetak gol tandang pada menit 27 meneruskan bola operan Amin Younes. 

Namun pada akhir babak pertama, Lyon membalasnya lewat dua gol yang dicetak Alexandre Lacazette. Gol pertama Lacazette diciptakan pada menit 45 melalui eksekusi tendangan penalti menyusul pelanggaran De Ligh.

Satu menit kemudian, Lacazette kembali menggetarkan jaring gawang Ajax setelah menerima umpan Nabil Fekir. Skor 2-1 untuk keunggulan Lyon bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Lyon tidak mengendurkan serangan. Lacazette yang merancang serangan bersama Nabil Fekir kembali mengancam gawang Ajax yang dijaga Onana pada menit 76, namun tidak berbuah gol.

Rachid Ghezzal yang masuk menggantikan Valbuena akhirnya mencetak gol ketiga Lyon pada menit 81 setelah mendapatkan umpan dari Maciej Ribus.

Baca: - Ditahan Imbang Celta Vigo, MU Akhirnya Maju ke Final Liga Europa

Ajax dalam tekanan setelah bek Viergever diusir wasit pada menit 84. Namun Lyon gagal memanfaatkan momentum tersebut dan skor 3-1 (agregat 4-5) untuk kemenangan Ajax bertahan hingga laga usai, demikian Skysports.

Susunan pemain:

Ajax (4-3-3): Onana; Veltman, Sanchez, De Ligt, Viergever; Klaassen, Schone, Ziyech; Traore, Younes, Dolberg.
Cadangan: Tete, Riedewald, Neres, Westermann, Van de Beek, Boer, Kluivert.

Lyon (4-2-3-1): Lopes; Rafael, N'Koulou, Diakhaby, Morel; Tolisso, Gonalons; Cornet, Fekir, Valbuena; Lacazette.
Cadangan : Ghezzal, Ferri, Jallet, Darder, Tousart, Gorgelin, Rybus.