Legislator Ini Harap Program Tanam Jagung Hingga ke Seluruh Kecamatan

id dprd barito utara, dprd barut, Purman Jaya , Legislator Ini Berharap Program Tanam Jagung di Seluruh Kecamatan

Legislator Ini Harap Program Tanam Jagung Hingga ke Seluruh Kecamatan

Logo DPRD (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah Purman Jaya mengharapkan program pengembangan tanaman jagung oleh pemerintah daerah dilakukan di seluruh kecamatan di daerah setempat.

"Saat ini tanaman jagung mulai dilirik masyarakat karena punya pangsa pasar yang jelas, sehingga harus dikembangkan di setiap kecamatan," kata Purman Jaya di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Purman, pihaknya sangat mendukung komiditi tanaman jagung ini dikembangkan secara luas oleh pemerintah daerah, sehingga tidak hanya dikembangkan pada kecamatan tertentu, akan tetapi dilakukan di sembilan kecamatan yang ada di daerah ini.

Program ini dinilai sangat cocok untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, serta juga untuk upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, sebab dalam program ini pembukaan lahannya dengan menggandeng pihak ketiga yakini Perusahaan Daaerah "Batara Membangun" yang merupakan BUMD milik pemkab Barito Utara.

"Sekarang sektor pertanian jagung ini menjadi salah satu primadona di Kabupaten Barito Utara, sebab sudah ada pabrik yang bersedia menjadi pembeli hasil panen di wilayah Kalimantan Selatan," katanya.

Namun, katanya, hal yang harus juga dipikirkan jika hasil panen jagung di daerah ini, bertepatan dengan panen jagung di daerah lain.

"Jangan sampai nantinya kita kesulitan dalam menjual hasil panen ke pabrik tersebut atau harga jualnya menjadi murah, jadi dalam hal ini perlu langkah-langkah untuk antisipasi hal tersebut," kata Haji Gogo panggilan akrab Purman Jaya.

Saat ini semua hasil panen tanaman jagung di sejumlah desa di Barito Utara menjualnya ke pabrik pengolahan pakan ternak di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut, Kalsel dan merupakan kabupaten terbesar memasok jagung di wilayah Kalteng dan kalsel ke pabrik tersebut.