Rabu, 20 September 2017

Duh! Ribuan Ikan Jenis Toman Milik Warga Barsel Mati Secara Misterius

id Ribuan Ikan PeliharaanJenis Toman Milik Warga Barsel Mati Secara Misterius, Barito Selatan
Duh! Ribuan Ikan Jenis Toman Milik Warga Barsel Mati Secara Misterius
Foto Ilustrasi - Ikan Mati (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Buntok (Antara) - Ribuan ikan toman yang dipelihara warga kelurahan Bangkuang , Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah banyak yang mati secara misterius.

Penyebab matinya ikan toman atau yang dikenal dengan ikan Tahuman yang dipelihara warga pada keramba di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito tersebut masih belum diketahui dengan jelas.

Salah seorang warga Bangkuang, Mushan, di Buntok, Sabtu mengatakan, dirinya menduga matinya ikan peliharaan mereka ini kemungkinan air yang ada disekitar keramba tercemar bahan kimia.

"Karena matinya ribuan ikan toman tersebut terjadi secara mendadak pada sejumlah keramba warga,"kata dia.

Oleh karena itu ia berharap kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Barito Selatan agar mengecek kelapangan untuk mengetahui penyebab kematian ikan milik warga secara bersamaan itu.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Barito Selatan, Rosdaasoqa mengatakan pihaknya akan menugaskan petugas untuk mengecek kelapangan terkait informasi tersebut.

"Kita akan mengirimkan petugas kelapangan untuk mendeteksi apa penyebab kematian ikan toman itu, apakah kematiannya disebabkan penyakit atau ada hal lain,"ujarnya.

Berdasarkan informasi dihimpun Antara menyebutkan diduga ikan toman itu mati secara mendadak tersebut lantaran disekitar keramba terkontaminasi limbah kimia, mengingat disekitar kelurahan Bangkuang dan sekitarnya banyak stokfile batubara.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga