Bupati Barut Janji Umrahkan Juara STQ Kalteng

id stq barut, bupati barut, umrah juara stq

Bupati Barut Janji Umrahkan Juara STQ Kalteng

Bupati Barito Utara, Nadalsyah melepas kafilah kabupaten setempat untuk mengikuti STQ Kalteng di Puruk Cahu di halaman kantor bupayi setempat di Muara Teweh, Kamis(11/05/2017). (Foto Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara Nadalsyah berjanji mengumrahkan qori-qoriah setempat yang meraih juara pertama pada Seleksi Tilawatil Quran ke-21 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada 13-17 Mei 2017 di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.

"Pemberian bonus ini semata-mata untuk membangkitkan semangat kepada qori-qoriah kafilah Barito Utara yang terbaik pada STQ Kalteng tahun ini," kata Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Barito Utara (Barut) Muhlis di Muara Teweh, Minggu.

Pada STQ Kalteng di Puruk Cahu ini, kontingen Kabupaten Barito Utara dengan rombongan sebanyak 165 orang mengikuti semua cabang, yaitu Tilawah, Hifz Al Quran, Syarh Al Quran, Fahmil Al Quran dan Tafsir Bahasa Indonesia Al Quran.

Di samping mengikuti lomba, kafilah Barito Utara juga mengikuti kegiatan pameran dan lomba mobil hias serta pawai ta`aruf.

"Kita harapkan para qori dan qoriah itu dapat meraih prestasi yang terbaik," kata Muhlis yang juga menjabat Kepala Bappeda dan Litbang Barito Utara ini.

Bupati Nadalsyah mengatakan para kafilah daerah ini tidak menjadikan event STQ ini sebagai sebuah lomba semata, namun lebih kepada penghayatan dan pengamalan nilai-nilai suci yang terkandung dalam Al Quran dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Di samping itu membentuk insan yang beriman dan bertaqwa juga menjadikan generasi penerus Barito Utara yang berakhlakul karimah dalam arti yang sesungguhnya guna mewujudkan kabupaten dengan semboyan `Iya Mulik Bengkang Turan` ini menjadi daerah yang baldathun thoyibatun," kata Nadalsyah.

STQ tersebut diikuti kafilah dari 14 kabupaten dan kota yang dibuka Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pada Sabtu (13/5) malam dengan dimeriahkan grup band Gigi.