Instansi Pemerintah Agar Tingkatkan Kinerja, Kata Bupati Lamandau

id kinerja pemkab lamandau, bupati lamandau,

Instansi Pemerintah Agar Tingkatkan Kinerja, Kata Bupati Lamandau

Para aparatur sipil negara diharuskan meningkatkan pelayanan publik secara maksimal, sehingga memberikan kepuasan kepada masyarakat. (Foto Antara Kalteng/Musa Reban)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Instansi pemerintah dalam semua tingkatan agar meningkatkan kinerja, sehingga kinerja yang baik beriringan dengan pemberian pelayanan yang baik akan menciptakan kepuasan publik, kata Bupati Lamandau, Ir Marukan MAP, Senin.

Dia mengharapkan kepada seluruh lembaga atau instansi pemerintah untuk bisa meningkatkan kinerjanya terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Diakuinya, saat ini kinerja dari masing-masing instansi dapat dibilang sudah baik, akan tetapi itu semua masih perlu terus ditingkatkan. Hal yang sama berlaku untuk aparat desa, pelayanan harus baik terutama dalam pembuatan administrasi bagi warganya.

"Di lain sisi, pemerintah daerah akan menindak tegas bagi siapa saja yang terbukti menyalahgunakan wewenang yang telah diberikan. Tidak ada tawar-menawar kesalahan apabila memang suatu instansi atau siapa saja yang telah melakukan kesalahan," jelas Marukan. 

Karena, urainya, wewenang atau jabatan yang diberikan bertujuan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang merata. 

"Jabatan yang telah dipercayakan kepada seseorang untuk diemban adalah merupakan kepercayaan yang harus dipertanggungjawabkan. Jadi tugas dan fungsi pokok dari yang terpenting adalah sebagai pemberi pelayanan kepada masyarakat, bukan minta di layani oleh masyarakat," tegasnya.

Dengan pembangunan tempat pelayanan publik seperti kantor pemerintah dari berbagai tingkatan, dan fasilitas umum lainya, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melaksankan setiap urusan administrasi pemerintahan.

Demikian juga dengan aparat pemerintah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara sekaligus abdi masyarakat akan semakin mudah pelaksanaannya. Bagi pemda, bila sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, nantinya akan berdampak terhadap kondisi makro berdasarkan asas manfaat yang dihasilkan.
 
Tingkat keberhasilan maupun kegagalan suatu program baik kontribusi pencapaian kinerja dapat segera diketahui dan dirasakan, dengan mengutamakan pelayanan yang langsung menyentuh terhadap kehidupan masyarakat.

"Dengan pelaksanaan kegiatan tersebut maka diharapkan akan dapat menambah pengetahuan sehingga akan tercipta satu persepsi dalam program peningkatan sarana dan prasarana pemerintah terhadap perkembangan dan kemajuan pembangunan masyarakat yang adil dan makmur di Bumi Bahaum Bakuba ini," harapnya.