Ini 7 SOPD yang Harus Dampingi Reses DPRD Kalteng

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Lodewik CH Iban, Reses Dapil V DPRD Kalteng, Ini 7 SOPD yang Harus Dampingi Reses DPRD Kalteng

Ini 7 SOPD yang Harus Dampingi Reses DPRD Kalteng

Anggota DPRD Kalteng, Lodewik C Iban (Foto Antara Kalteng)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Satuan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah maupun kabupaten/kota diminta ikut mendampingi tim reses DPRD Kalteng agar berbagai program pembangunan yang telah dan akan dikerjakan dapat langsung diketahui masyarakat.

Keberadaan SOPD sangat diperlukan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat agar dapat diketahui apakah aspirasi sebelumnya telah ditindaklanjuti dan sejauh mana perkembangannya, kata juru bicara Tim Reses Dapil V DPRD Kalteng Lodewik CH Iban di Palangka Raya, Senin.

"Ada 7 SOPD yang perlu mendampingi Tim reses, yakni Dinas Pekerjana Umum, Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, serta Dinas Pertambangan dan Energi. Tujuh Dinas ini harus Provinsi dan Kabupaten/Kota," tambahnya.

Tim Reses Dapil V DPRD Kalteng, baru-baru ini, melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Tim ini menerima banyak usulan dari masyarakat, mulai dari alat penerangan berupa listrik kepada 37 unit rumah, pembangunan sumur bor sebanyak 100 titik dengan kedalaman 100 meter ke atas agar airnya dapat dikonsumsi.

Lodewick mengatakan, perbaikan serta pembenahan sarana dan prasarana kesehatan, menambah tenaga keperawatan dan bidan yang sampai saat ini masih kurang, sehingga berdampak pada belum optimalnya pelayanan terhdap masyarakat.

"Kami ada mengunjungi Puskesmas di Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, ternyata di sana sudah ada 12 tempat tidur untuk rawat inap namun perlengkapannya masih kurang, ruang UGD minim peralatan, dan perlu ada penambahan medis bahkan jika tersedia Dokter," bebernya.

Selain itu, hasil pantauan dan cek di lapangan, jalan negara poros selatan sekarang ini banyak berlubang, program pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas yang menjadi permintaan masyarakat sampai sekarang ini belum direalisasikan masyarakat.

"Dua kabupaten ini juga kan telah ditetapkan sebagai daerah lumbung pangan, jadi harus segera dibangun jalan usaha tani dan peningkatan jalan menuju sentra produksi padi maupun sarana penunjang lainnya. Ini sebagian yang kami temukan di lapangan," kata Lodewik.

Tim Reses Dapil II DPRD Kalteng diketuai Freddy Ering dan Sekretaris Lodewik, serta sejumlah anggota DPRD Kalteng yang terpilih dari Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.