Agar Tak Terjerat Hukum, Pengusaha di Kalteng Disarankan Konsultasi ke Kejaksaan

id Kadin Kalteng, Kalimantan Tengah, Agar Tak Terjerat Hukum, Pengusaha di Kalteng Disarankan Konsultasi ke Kejaksaan

Agar Tak Terjerat Hukum, Pengusaha di Kalteng Disarankan Konsultasi ke Kejaksaan

Ketua Kamar Dagang dan Industri Kalimantan Tengah Tugiyo Wiroatmodjo (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pengusaha di Kalimantan Tengah disarankan berkonsultasi dengan Kejaksaan sebelum melaksanakan pekerjaan, khususnya yang menggunakan dana besar dari pemerintah.

"Ini supaya pengusaha tidak terjerat masalah dan tidak ada yang disalahkan atau ada pengusaha yang dikriminalisasi. Kami sudah berkoordinasi dengan Kajati dan beliau merespons itu. Kejaksaan siap membantu," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri Kalimantan Tengah Tugiyo Wiroatmodjo di Sampit, Senin

Hal itu disampaikan Tugiyo untuk mengingatkan pengusaha agar lebih berhati-hati supaya tidak sampai terjerat hukum. Tidak jarang pengusaha ikut terseret masalah hukum karena ketidaktahuan dalam hal masalah aturan.

Konsultasi dengan Kejaksaan atau Kepolisian dimaksudkan sebagai langkah pencegahan. Harapannya agar pengusaha mengetahui tentang apa saja yang tidak diperbolehkan sehingga tidak sampai terjadi pelanggaran hukum.

"Kita harus mengikuti aturan dan bekerja dengan kehati-hatian. Makanya perlu kita minta petunjuk supaya kita tidak salah langkah akibat ketidaktahuan tentang aturan," kata Tugiyo usai menghadiri Musyawarah Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit.

Tugiyo juga mengajak pengusaha meningkatkan sinergitas, inovatif dan kreatif. Kemajuan teknologi di era digital ini harus ditangkap sebagai peluang yang harus dimanfaatkan untuk pengembangan usaha.

"Pelaku usaha jangan terfokus pada kegiatan yang menggunakan dana pemerintah, tapi harus bisa menciptakan usaha dan menyerap tenaga kerja," kata Tugiyo.

Kadin Kalimantan Tengah akan mendata seluruh pelaku usaha di provinsi ini, lengkap dengan alamat tempat usaha sehingga bisa diakses dalam pencarian data di internet. Kadin provinsi dan kabupaten harus menjalankan program "Kadin go to campus" dan "Kadin go to school" untuk mendorong semangat generasi muda berwirausaha.

Menurut Tugiyo, tiga tahun terakhir ini pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah menjadi yang tertinggi di Kalimantan. Tren positif itu harus terus dijaga dengan mendorong stabilitas ekonomi daerah melalui peran seluruh pelaku usaha di berbagai sektor.