DPRD Barsel Rapat Konsultasi Bahas Sejumlah Raperda

id dprd barsel, hermanes, raperda tarif rsud

DPRD Barsel Rapat Konsultasi Bahas Sejumlah Raperda

Anggota DPRD Barsel, Hermanes, SE. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengadakan rapat konsultasi dan koordinasi untuk membahas sejumlah peraturan daerah dan rancangan peraturan daerah.

Anggota DPRD Barsel Hermanes di Buntok, Senin mengatakan dalam rapat bersama dengan tim pemerintah kabupaten setempat itu membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) dan revisi Peraturan Daerah (Perda).

"Dalam rapat konsultasi dan koordinasi ini, kita membahas empat raperda dan revisi dua Perda," katanya.

Menurut dia, empat raperda tersebut yakni tentang penyelenggaraan perlindungan anak, tata cara tuntutan ganti kerugian negara/daerah terhadap pegawai negeri bukan bendahara atau pejabat lain.

"Raperda tentang tarif pelayanan kesehatan kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh Buntok, raperda tentang tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi keuangan dan barang daerah,"ucap dia.

Sedangkan Perda yang direvisi tersebut yakni Rencana Tata Ruang Wilayah dan tentang Corporate Social Responsibility (CSR) atau kewajiban sosial perusahaan terhadap masyarakat.

"Setelah rapat konsultasi dan koordinasi ini dilaksanakan, maka akan disepakati, dan akan dikonsultasikan ketingkat yang lebih tinggi lagi seperti ke provinsi atau ke pusat,"tambah Hermanes.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan, setelah dikonsultasikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi, maka akan dapat diterapkan sebagai payung hukum.