Pemkab Ini Bangun Jembatan Penghubung 3 Kecamatan

id pemkab barito utara, Fery Kusmiadi, Pemkab Ini Bangun Jembatan Penghubung Tiga Kecamatan

Pemkab Ini Bangun Jembatan Penghubung 3 Kecamatan

Bupati Barito Utara Nadalsyah melakukan peninjauan lokasi pembangunan jembatan yang menghubungkan Kelurahan Lahei I dan Lahei II di Kecamatan Lahei, Senin (15/5/17). (Foto Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, membangun jembatan berkonstruksi baja di Kelurahan Lahei I dan Lahei II Kecamatan Lahei yang melintasi Sungai Lahei, anak Sungai Barito.

"Jembatan ini nantinya dimulai pembangunan menggunakan dana APBD kabupaten tahun 2017 rencananya Rabu (17/5) dilakukan pemancangan tiang pertama jembatan oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Barito Utara (Barut) Fery Kusmiadi di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Fery, jembatan rangka baja tipe C dengan panjang sekitar 95 meter dan lebar 5,5 meter itu tahun ini dibangun dengan dana sekitar Rp12 miliar lebih yang ditargetkan selesai tahun 2018 mendatang dengan dana keseluruhan mencapai Rp17 miliar lebih.

Persiapan pemancangan tiang ini sudah dilakukan secara maksimal bahkan pada Senin (14/5) Bupati Nadalsyah dan sejumlah pejabat setempat melakukan peninjauan ke lokasi dibangunnya jembatan tersebut.

"Kita harapkan pembangunan jembatan ini berjalan tanpa ada kendala sehingga pekerjaannya selesai sesuai waktu yang ditargetkan," kata Fery.

Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara, M Iman Topik mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ini merupakan prioritas pembangunan yang dilaksanakan oleh Bupati Barito Utara Nadalsyah.

"Pembangunan jembatan ini merupakan prioritas pembangunan Barito Utara, dalam rangka membuka akses tranportasi masyarakat, khususnya di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Lahei Barat, Lahei dan Teweh Baru," kata dia.

Pembangunan jembatan penghubung ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memasarkan hasil bumi, sumber daya alam yang dihasilkan untuk dibawa ke Muara Teweh ibu kota Kabupaten Barito Utara.

"Bupati Barito Utara Nadalsyah mengucapkan terima kasih kepada Camat, Lurah Lahei I dan Lurah Lahei II dan jajarannya dan khususnya kepada masyarakat Kecamatan Lahei yang telah menghibahkan tanah untuk pembangunan jalan dan jembatan ini, semoga semua yang dilakukan ini bernilai ibadah," ujar Topik.