Selasa, 25 Juli 2017

Kesbangpol Seruyan Sosialisasi Pengelolaan Dana Hibah Parpol

id kesbangpol seruyan, dana parpol, bupati seruyan
Kesbangpol Seruyan Sosialisasi Pengelolaan Dana Hibah Parpol
Bupati Seruyan Sudarsono. (Istimewa)
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis pengelolaan dan pertanggungjawaban bantuan dana hibah untuk partai politik.

"Kita ingin seluruh pengurus partai politik (parpol) dapat memahami tata kelola, mulai dari pengajuan, penggunaan, hingga penyusunan laporan pertanggungjawaban," kata Bupati Seruyan Sudarsono saat membuka sosialisasi di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia menjelaskan, khusus di Seruyan tercatat ada sembilan parpol yang telah menerima bantuan dana hibah dari pemerintah.

Pengurus sembilan parpol penerima bantuan dana hibah ini wajib memahami tata kelola dan pelaporan dana hibah, karena laporan penggunaan dana hibah juga dapat mempengaruhi opini keuangan daerah dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Mudah-mudahan kegiatan yang digelar ini dapat menambah ilmu para pengurus parpol dalam pengelolaan dana hibah, karena dana hibah yang diberikan kepada parpol juga akan berpengaruh terhadap opini keuangan pemerintah," katanya.

Ia menambahkan, terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, maka seluruh parpol hendaknya dapat bersama-sama menjaga keharmonisan, persatuan dan kesatuan, dan ketenteraman di masyarakat.

Selain itu, para pengurus parpol juga hendaknya dapat menjadi contoh dan aktif memberikan pendidikan politik kepada masyarakat di "Bumi Gawi Hatantiring".

"Berikan pemahaman bahwa demokrasi wajib kita jaga, kebersamaan dan pelaksanaan Pilkada harus disukseskan bersama. Terlepas siapapun yang menjadi kontestan, kita adalah satu kesatuan, satu keluarga besar berada di Seruyan," katanya.

Seluruh parpol dan pihak yang terlibat dalam pesta demokrasi nanti hendaknya dapat berkompetisi dan bersaing secara sehat demi kemajuan Seruyan.

"Kita memiliki tujuan yang sama yaitu, bagaimana menjadikan Seruyan lebih maju dan sejahtera, penuh kedamaian, serta kekeluargaan yang kita bangun bersama-sama," katanya.

Editor: Zaenal A.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga