Pemkab Barito Utara Siap Ikuti Festival Budaya Kalteng

id bupati barut, Nadalsyah, Pemkab Barito Utara Siap Ikuti Festival Budaya Kalteng

Pemkab Barito Utara Siap Ikuti Festival Budaya Kalteng

Bupati Barito Utara Nadalsyah dan pejabat setempat foto bersama usai pelepasan kontingen Barito Utara yang mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat provinsi Kalteng di Sampit Kotawaringn Timur Rabu(17/05/2017). (Foto Antara Kalteng/Kasria

...kita harapkan Barito Utara dapat dikenal secara luas tidak saja di Kalteng namun hendaknya hingga sampai nasional bahkan mancanegara,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kontingen Kabupaten Barito Utara siap mengikuti Festival Budaya Isen Mulang Kalimantan Tengah di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur 18-22 Mei 2017.

"Saya minta kegiatan budaya ini dijadikan sarana untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan bidang seni budaya tradisional yang ada di Kabupaten Barito Utara secara luas ke masyarakat," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah ketika melepas kontingen di Muara Teweh, Rabu.

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang mempertandingkan sejumlah kegiatan di antaranya cabang olahraga tradisional tersebut kontingen Kabupaten Barito Utara menyertakan sebanyak 136 orang termasuk atlet dan ofisial.

Kabupaten Barito Utara akan mengikuti beberapa jenis lomba, di antaranya sepak sawut, dayung tradisional dan besei kambe, menyumpit, maloto atau mangaruhi, balogo, bagasing, maneweng dan manetek,mobil hias, tari tradisional pedalaman dan pesisir.

"Melalui kegiatan ini kita harapkan Barito Utara dapat dikenal secara luas tidak saja di Kalteng namun hendaknya hingga sampai nasional bahkan mancanegara," kata Nadalsyah .

Nadalsyah menjelaskan, setiap unsur seni budaya maupun jenis permainan tradisional yang ditampilkan atau ikut berlomba hendaknya betul-betul dipersiapkan dengan baik dan dikemas seindah mungkin agar kekayaan seni budaya tradisional semakin dikenal secara luas.

Diharapkan nilai historis maupun estetika yang terkandung dalam nilai-nilai budaya tersebut, mampu menarik perhatian para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung ke Kabupaten Barito Utara.

"Kegiatan ini selain untuk meraih prestasi juga sebagai bukti kesungguhan dan komitmen kita yang selalu mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya tradisional masyarakat Kalteng yang semakin luntur terkikis oleh dampak kemajuan teknologi dan globalisasi dewasa ini," jelas dia.

Pada FBIM tahun 2016 yang diikuti 14 kabupaten dan kota se-Kalteng, kontingen Barito Utara meraih peringkat kelima.