DPRD Dua Kabupaten "Belajar" Ke Palangka Raya

id dprd palangka raya, dprd madiun, dprd bogor

DPRD Dua Kabupaten "Belajar" Ke Palangka Raya

Ketua rombongan Komisi II DPRD Kota Madiun, Ngedi Trisno Yushianto (kiri), Ketua Komisi A DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra (tengah) dan ketua rombongan Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Yuyud Wahyudin saat acara Kunker di DPRD Kota Palangka Raya, Ra

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Rombongan DPRD Kota Madiun, Jawa Timur dan DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Palangka Raya untuk mempelajari pengelolaan belanja pegawai dan belanja barang/jasa dan terkait pengelolaan APBD.

"Kita ke Palangka Raya ingin belajar mengenali pengelolaan belanja pegawai dan belanja barang dan jasa," kata Ketua rombongan Komisi II DPRD Kota Madiun, Ngedi Trisno Yushianto di Palangka Raya, Rabu.

Dia mengakui jika perbandingan antara belanja pegawai dan belanja barang dan jasa di kotanya belum ideal.

"Untuk itu, kami ingin mengetahui bagaimana tatakelola dan perbandingan penggunaan anggaran antara belanja pegawai dan belanja barang dan jasa di Kota Palangka Raya," katanya.

Sementara ketua rombongan Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Yuyud Wahyudin menjelaskan maksud melakukan kunjungan kerja ke Palangka Raya ialah untuk mempelajari pengelolaan APBD oleh pemerintah "Kota Cantik" Palangka Raya.

Dia mengatakan, APBD Kabupaten Bogor tercatat Rp7 Triliun dengan PAD Rp2,3 Triliun. Sementara jumlah penduduknya tercata sebanyak 5,5 juta jiwa.

"Kami banyak menemukan bahwa kabupaten/kota yang penduduknya kecil malah lebih tertata. Saya rasa wajar apabila APBD dan PAD kami besar mengingat jumlah penduduknya juga banyak. Tapi apakah pengelolaannya sudah baik, inilah tujuan kunker kami ke Palangka Raya hari ini," katanya.

Kedatangan rombongan DPRD dua kabupaten di wilayah Jawa ini disambut langsung oleh Ketua Komisi A DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra. Beta yang berasal dari fraksi PAN ini menjadi satu-satunya anggota dewan yang menyambut kunjungan rombongan dua DPRD tersebut.

"Saya diminta oleh Ketua DPRD Kota Sigit K Yunianto untuk menyambut kunjungan bapak dan ibu di sini. Mohon maaf saat ini saya hanya sendiri menyambut bapak dan ibu. Tapi saya ditemani rekan-rekan OPD yang memang kompeten di bidangnya," katanya.

Dia mengatakan, jika anggota DPRD Palangka Raya yang lain tengah melakukan perjalanan dinas sehingga tak bisa menghadiri acara tersebut.

"Kebetulan saya sampai lebih dahulu dari teman-teman yang lain, makanya Ketua DPRD meminta saya menerima kunjungan kerja ini," katanya.