Sip! Harga Cabai Rawit di Buntok Turun Drastis

id harga cabai, cabai, pasar buntok

Sip! Harga Cabai Rawit di Buntok Turun Drastis

Pedagang yang menjual sayuran dan cabai di Pasar sayur dan Ikan Buntok. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Harga cabai rawit di kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dalam beberapa minggu terakhir dilaporkan turun secara drastis karena pasokannya memadai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara di pasar sayur dan ikan (Saik) Beringin Buntok, Rabu, harga cabai rawit sebelumnya Rp100 ribu dan kini Rp60 ribu/kg per.

"Turunnya harga cabai rawit secara drastis ini terjadi sejak 10 hari terakhir ini," kata salah seorang pedagang di pasar sayur dan ikan (Saik) Beringin Buntok, Asmara.

Ia mengatakan, harga cabai rawit tersebut sudah terjadi dalam beberapa minggu terakhir dan ada kemungkinan naik lagi, terutama pada bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

Sementara harga komoditas lainnya seperti kentang dan wortel masih normal dengan, yakni antara Rp18 ribu hingga Rp20 ribu/kg.

"Begitu juga dengan harga kol Rp12 ribu/kg. Sayur lainnya juga relatif normal dan belum ada mengalami kenaikan," kata dia seraya menambahkan, harga beras juga normal, dan belum ada sinyal kenaikan.

"Harga beras mayang super Rp260 ribu/karung atau 15 kg, beras mayang biasa Rp240 ribu/15 kg dan beras mutiara Rp200 ribu/15 kg," kata pedagang, Abah Moli.

Beras banjar Rp160 ribu, beras hirang Rp130 ribu, beras siam Rp220 ribu/15 kg, siam kupang Rp200 ribu dan beras Thailand Rp180 ribu/15 kg, sedangkan beras ketan Rp250 ribu/15 kg.

"Biasanya harga beras akan mengalami kenaikan menjelang hari raya Idul Fitri, dan naiknya harga beras karena pihak distributor menaikkan harga," demikian Abah Moli.