Juventus Raih Juara Coppa Italia, Ketiga Kali Secara Buruntun

id juventus, juara coppa italia

Juventus Raih Juara Coppa Italia, Ketiga Kali Secara Buruntun

Pemain Juventus merayakan kemenangan. (twitter.com)

Jakarta (Antara Kalteng) - Untuk ketiga kalinya secara beruntun, Juventus sukses mempertahankan gelar juara Coppa Italia, seusai mengalahkan klub ibukota Italia, Lazio, dengan skor 2-0 pada partai final yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, Kamis waktu Indonesia.

Gelar tahun 2017 ini menjadi rentetan capaian Juventus memenangkan Coppa Italia pada musim 2015 dan 2016. Selain itu, Juventus pun tercatat sebagai tim yang paling banyak memenangkan Coppa Italia yaitu 12 kali juara.

Juventus yang berpeluang mengamankan treble winners seperti Inter Milan pada 2010, pada laga ini menurunkan skuat terbaiknya antara lain Gonzalo Higuain, Dani Alves, Paolo Dybala, Bonucci dan Chiellini. Di sisi lain, para pemain itu akan kembali tampil pada penentuan gelar Serie A dan final Liga Champions melawan Real Madrid awal bulan Juni 2017.

Namun keputusan pelatih Max Allegri untuk menurunkan skuat utama membuahkan hasil. Bek sayap kanan, Daniel Alves, menjebol gawang Lazio setelah menerima umpan silang Alex Sandro dari sayap kiri pada menit 12.

Alex Sandro menjadi aktor atas gol kedua Juventus yang tercipta dari tandukan Leonardo Bonucci yang berdiri tanpa terkawal di mulut gawang Strakosha pada menit 24. Babak pertama berkahir dengan skor 2-0.

Pada awal babak kedua, Lazio memasukkan Felipe Anderson menggantikan Bastos. 

Felipe Anderson langsung menggendor pertahanan Juventus lewat sepakan keras yang dilepaskan dari sisi sayap, namun bola berhasil diamankan kiper Juventus Neto pada menit 54.

Felipe Anderson dan Dusan Basta melakukan serangan kombinasi kemudian melepaskan umpan kepad Immobile, sayang bekas penyerang Dortmund itu tidak mampu menghasilkan gol pada menit 60.

Di sisi lain, pada pertengahan babak kedua Juventus tetap melancarkan serangan dari sisi sayap. Namun tendangan Higuain dari umpan Daniel Alves hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Kiper Lazio melakukan penyelamatan apik saat mematahkan peluang Higuain dari umpan Daniel Alves pada menit 90. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai, demikian Football Italia.

Susunan pemain:

Juventus: Neto; Barzagli, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Marchisio, Rincon; Dani Alves, Dybala, Mandzukic; Higuain
Cadangan: Buffon, Audero, Benatia, Lichtsteiner, Mattiello, Asamoah, Lemina, Kean, Sturaro, Leris, Cuadrado

Lazio: Strakosha; Bastos, De Vrij, Wallace; Basta, Biglia, Parolo, Milinkovic-Savic, Lulic; Immobile, Keita
Cadangan: Vargic, Adamonis, Patric, Hoedt, Radu, Murgia, Crecco, Lombardi, Luis Alberto, Felipe Anderson, Djordjevic, Tounkara