Pemkab Harap Sekolah di Barito Utara Tak Lakukan Pungutan

id pemkab barut, Masdulhaq, Pemkab Harap Sekolah di Barito Utara Tak Lakukan Pungutan
Pemkab Harap Sekolah di Barito Utara Tak Lakukan Pungutan
Jajaran Dinas Pendidikan Barito Utara (Istimewa)
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Seluruh sekolah di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, baik tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK/MA negeri maupun swasta diharapkan tidak melakukan pemungutan biaya masuk sekolah.

"Saya harapkan kepada semua kepala sekolah di daerah ini jangan memungut biaya pendaftaran siswa baru, baik untuk membeli seragam sekolah, kegiatan OSIS dan membeli kursi meja yang kurang, meski dengan berbagai alasan," kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara (Barut) Masdulhaq pada rapat penyusunan kalender pendidikan di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Masdulhaq, kalaupun pihak sekolah tetap melakukan pungutan biaya pendaftaran siswa baru, namun harus sesuai aturan yang berlaku atau sudah disetujui pihak komite masing-masing sekolah.

Memang, kata dia, ada peraturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah, yakni sekolah boleh memungut siswa baru asal ada kesepakatan dari komite dan dewan guru atau kepala sekolah.

"Memang tidak ada batasan dalam pungutan itu, namun harus ada kesepakatan orang tua murid dengan pihak sekolah melalui komite sekolah," katanya.

Masdulhaq mengatakan untuk penerimaan siswa baru, setiap sekolah sudah efektif menggunakan kalender pendidikan tahun ajaran 2017/2018 sehingga pengumuman tidak berbeda-beda.

Di samping itu diharapkan dalam penerimaan siswa baru tidak menumpuk pada sekolah tertentu sehingga ada sekolah yang tidak ada siswanya.

"Untuk diketahui, kami sudah mau menutup SMP PGRI Muara Teweh, karena tidak ada siswanya lagi yang masuk atau mendaftar ke sekolah tersebut," kata dia.

Masdulhaq mengatakan meski pada bulan Ramadhan nanti semua sekolah meliburkan siswa-siswi selama satu bulan, namun pihak sekolah tetap melakukan kegiatan pesantren kilat atau pesantren Ramadhan yang dilaksanakan pada awal bulan puasa.

Dia juga mengajak semua kepala sekolah menyamakan persepsi dalam pembuatan kalender pendidikan tahun 2017/2018.

"Mari kita sama-sama membimbing dan memberikan arahan kepada anak didik kita untuk meningkatkan mutu pendidikan di Barito Utara," ujar Masdulhaq.

Editor: Rachmat Hidayat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga