Rabu, 20 September 2017

Kementan RI Dorong Pemkab Barito Utara Buat UPTD Pertanian

id Kementan RI Dorong Pemkab Barito Utara Buat UPTD Pertanian, Pemkab Barito Utara
Kementan RI Dorong Pemkab Barito Utara Buat UPTD Pertanian
Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Sekda Jainal Abidin menerima kunjungan pejabat dari Kementrian Pertanina RI di Muara Teweh, Rabu (17/5/17). (Kominfo dan Persandian Barut)
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI mendorong pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah untuk membuat unit pelaksana tenis daerah pada Dinas Pertanian setempat.

"Kami siap bekerja sama dengan pihak kabupaten yang memiliki UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten namun terlebih dahulu harus mendapat surat resmi permohonan dari kabupaten kepada Kementerian," kata Kepala Sub Bagian Pengawasan Pupuk dan Pestisida pada Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI, Suhud saat diterima Nadalsyah di ruang kerjanya di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Shud, bila ada persetujuan maka peralatan nanti bisa diserahkan kepada UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten yang sistem pelaksanaannya di lapangan peralatan akan bisa dipinjam pakaikan kepada kelompok tani dan perseorangan dengan sistem sewa per 20 hektare, untuk membantu perawatan peralatan, nilai-nilai sewa diseragamkan di seluruh Indonesia.

Kabupaten Barito Utara belum terbentuk UPTD pada Dinas Pertanian, maka belum bisa dilaksanakan kegiatan tersebut karena bantuan yang ditawarkan hanya untuk pemerintah kabupaten yang memiliki UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten.

"Dengan adanya UPTD pada Dinas Pertanian Kabupaten, maka baik dari struktur dan manajemen serta pertanggung jawabannya akan dapat berjalan dengan baik," katanya.

Bupati Nadalsyah menyatakan akan mempelajari usulan yang disampaikan itu, dan berharap Kementerian Pertanian dapat membantu Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam proses pembentukan UPTD Dinas Pertanian untuk membentuk UPTD tersebut.

Hal ini agar nantinya Pemerintah Kabupaten Barito Utara, khususnya masyarakat petani/pekebun bisa menerima bantuan yang diprogramkan Kementerian Pertanian, baik program bantuan yang ditawarkan saat ini maupun program bantuan yang akan datang.

"Ini pentibg sehingga petani/pekebun di Barito Utara dapat terbantu dan bisa memaksimalkan lagi produk pertanian/perkebunan yang mereka hasilkan," ujar Nadalsyah.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga