Gubernur Kalteng Lantik Bupati Barsel-Kobar di Palangka Raya

id gubernur kalteng, sugianto sabran, Gubernur Kalteng Lantik Bupati Barsel-Kobar di Palangka Raya

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran akan melantik Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2017-2022 Kabupatan Barito Selatan maupun Kotawaringin Barat pada 22 Mei 2017 di Kota Palangka Raya.

Berdasarkan Peraturan Presiden tahun 2016 pelantikan Bupati/Wali Kota terpilih dilaksanakan di ibu kota Provinsi dan sidang paripurna istimewa DPRD di kabupaten masing-masing paling lama 14 hari setelah dilantik, kata Karo Pemerintahan Sekretariat Pemprov Kalteng Darliansjah di Palangka Raya, Jumat.

"Pemprov bersama Pemerintah Kabupaten Barsel dan Kobar telah melakukan berbagai persiapan, termasuk menyebar undangan. Jumlah undangan diperkirakan sekitar 1.200 orang, dibagi dua, yakni 200 di dalam gedung dan 1.000 di luar gedung," tambahnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barsel telah menetapkan Eddy Raya Samsuri-Satya Titiek Atyani Djoedir sebagai Bupati/Wakil Bupati terpilih, dan KPU Kabupaten Kobar menetapkan Nurhidayah-Ahmadi Riansyah sebagai Bupati/Wakil Bupati terpilih.

Darliansjah mengatakan, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga turut diundang dalam pelantikan tersebut. Hanya, Dirjen Otda sifatnya hanya menghadiri sekaligus memantau pelaksanaan pelantikan.

"Kita belum mengetahui apakah ada atau tidak acara seremoni lainnya setelah prosesi pelantikan. Kita hanya mempersiapkan acara pelantikan dan tata caranya juga sudah sangat jelas diatur. Ini yang sedang kita persiapkan," kata Darliansjah.

Pasangan Eddy Raya Samsuri-Satya Titiek Atyani Djoedir yang didukung tujuh partai politik berhasil mengalahkan pasangan HM Fairid Yusran-Sukanto yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Pilkada Barsel.

Sementara pasangan Nurhidayah-Ahmadi Riansyah yang didukung Partai Golkar, PDIP, PKB, PPP, PKS, Demokrat, PAN dan Nasdem di Pilkada Kobar berhasil mengalahkan pasangan Eko Soemarno-Yudie Junas, Desi Hercules-Gusti Awaludin, Indrawan Sakti-Nurhanuddin (Indranur) dari jalur perseorangan, dan Bambang Purwanto-Said Syamsuddin Noor diusung Partai Gerindra.

Pewarta :
Editor: Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar