Selasa, 25 Juli 2017

Waspada Ancaman DBD! Dinkes Palangka Raya Catat 64 Kasus DBD

id Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari P, Dinkes Palangka Raya Catat 64 Kasus DBD
Waspada Ancaman DBD! Dinkes Palangka Raya Catat 64 Kasus DBD
Plt Kadinkes Palangka Raya, Andjar Hari P (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)
Sepanjang tahun 2017 mulai Januari hingga Mei kasus BDB di Palangka Raya tercatat 64 kasus,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari P mengatakan sepanjang Januari hingga Mei 2017 di wilayah kota setempat tercatat sebanyak 64 kasus gigitan nyamuk demam berdarah dengue (DBD).

"Sepanjang tahun 2017 mulai Januari hingga Mei kasus BDB di Palangka Raya tercatat 64 kasus," kata Andjar di Palangka Raya, Jumat.

Untuk itu, masyarakat juga diminta aktif melakukan upaya antisipasi penyebaran DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan minimal di lingkungan keluarga.

"Upaya ini bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti rajin menguras tempat penampungan air, selalu menutup tempat penampungan air dan mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air," katanya.

Dalam rangka mewaspadai ancaman DBD, salah satu cara yang efektif dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dan sebagai salah satu strategi paling efektif dalam memastikan masyarakat di kota ini selalu sehat.

Jika masyarakat melihat atau mengetahui adanya gejala DBD pada diri atau pun keluarganya diharapkan segera berobat ke pusat layanan kesehatan agar segera dapat penanganan dan akibat buruk penyakit ini pun dapat dihindari.

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah pun meminta pemerintah kota meningkatkan berbagai upaya preventif terutama dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait perilaku hidup sehat.

"Upaya memotivasi masyarakat untuk melaksanakan 3M secara terus menerus telah dilakukan, Pemerintah melalui kerjasama lintas program dan lintas sektoral termasuk tokoh masyarakat dan swasta," katanya.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga