Rabu, 20 September 2017

Mampukah! Kontingan Barsel Ukir Prestasi di FBIM 2017

id Kontingan Barsel Berupaya Ukir Prestasi pada FBIM 2017, barito selatan, festival FBIM 2017
Mampukah! Kontingan Barsel Ukir Prestasi di FBIM 2017
KarnavalFBIM dalam rangka Hari Jadi ke-60 Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Sampit, Jumat (19/5/17), diguyur hujan deras. Meski begitu, acara tetap berlangsung meriah. (Foto Antara Kalteng/Norjani)
Buntok (Antara Kalteng) - Kontingen Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah berupaya untuk mengukir prestasi pada Festival Budaya Isen Mulang yang berlangsung di Sampit, Kotawaringan Timur pada 19-27 Mei 2017.

"Kontingen Barito Selatan siap mengikuti lomba olahraga tradisional tingkat provinsi itu untuk meraih prestasi baik diajang tersebut," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Pariwisata dan kebudayaan Barsel Raden Sudarto di Buntok, Jumat.

Beberapa waktu lalu, rombongan daerah ini telah memberangkatkan sebanyak 86 orang untuk mengikuti 11 cabang lomba olahraga tradisional pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tersebut.

"Kesiapan kontingen Barito Selatan untuk mengikuti 11 cabang olahraga tradisional tersebut sudah 100 persen," ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Pariwisata dan kebudayaan (Disporaparbud) Barsel itu.

Cabang lomba yang diikuti kontingen Kabupaten yang berjuluk Dahani dahanai Tuntung Tulus ini di antaranya lomba bagasing, balogo, mangacal, sumpit, maneweng batang, lomba besei kambe.

"Lomba tarian pedalaman,lawang sakepeng, sepak sawut, pawai budayadan pemilihan putra putri pariwisata,"ucap Raden Sudarto.

Ia juga menyampaikan, pada festival budaya yang diselenggarakan dalam setiap tahunnya tersebut, pihaknya juga menurunkan putri pariwisata Barsel Assa Watari Joan.

"Putri pariwisata asal Barsel yang akan ikut berlomba tersebut merupakan duta Kalteng yang akan mengikuti lomba putri pariwisata tingkat nasional pada Oktober 2017 mendatang," jelas dia.

Ia berharap doa dan dukungan masyarakat Barito Selatan agar kontingen yang berlomba bisa meraih prestasi terbaik, sehingga prestasi yang diraih bisa melebihi dari tahun-tahun sebelumnya. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga