Antisipasi DBD di Palangka Raya Saat Peralihan Musim

id DPRD Palangka Raya, anggota Komisi C DPRD kota Mukarramah, Pemkot Palangka Raya Diminta Antisipasi DBD Saat Peralihan Musim

Antisipasi DBD di Palangka Raya Saat Peralihan Musim

Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Hj Mukarramah (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Mukarramah meminta Dinas Kesehatan kota setempat mengatisipasi meningkatkan korban demam berdarah dengue, terutama saat peralihan musim.

"Musim pancaroba atau peralihan musim ini membuat nyamuk aedes agyepti mudah berkembang biak. Maka pemerintah perlu meningkatkan upaya antisipasi penyebaran DBD," kata anggota Komisi C DPRD kota ini di Palangka Raya, Jumat.

Selain itu, pemerintah kota juga diminta berinovasi dalam upaya pengendalian penyebaran dan perkembangbiakan nyamuk penyebar DBD.

Mukarramah pun meminta pemerintah kota meningkatkan berbagai upaya preventif yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terkait perilaku hidup sehat.

"Upaya motivasi masyarakat untuk melaksanakan 3M secara terus menerus harus dilakukan. Dalam pengendalian DBD, pemerintah juga perlu menggiatkan kerjasama lintas sektoral termasuk tokoh masyarakat dan swasta," katanya.

Dia meminta pemerintah kota dapat mencontoh keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan dalam menurunkan angka penderita DBD.

"Pada saat kunjung di sana, kami mendapati bahwa pemerintah setempat mampu menekan angka penderita DBD. Di sana, pada 2016 tercatat 398 kasus DBD. luar biasanya pada 2017 sampai bulan ini hanya tercatat 18 kasus. Keberhasilan ini yang harus dicontoh," katanya.

Sementara wilayah Palangka Raya, pada 2016 tercatat 318 kasus DBD dan pada Januari hingga Mei 2017 terdata 64 kasus.

Untuk itu, politisi Nasdem ini berharap Dinas Kesehatan Kota Palangka Rayam dapat memaksimalkan program satu rumah satu jumantik. Masyarakat pun juga diminta aktif melaksanakan program 3M serta selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Jika masyarakat melihat atau mengetahui adanya gejala DBD pada diri atau pun keluarganya diharapkan segera berobat ke pusat layanan kesehatan agar segera dapat penanganan dan akibat buruk penyakit ini pun dapat dihindari.