Barsel Juarai Sejumlah Lomba FBIM di Sampit

id fbim kalteng, pemkab barsel, Raden Sudarto, Barsel Juarai Sejumlah Lomba FBIM di Sampit

Barsel Juarai Sejumlah Lomba FBIM di Sampit

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Barsel, H. Raden Sudarto (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

...hari pertama ini, kita berhasil meraih juara pada sejumlah cabang lomba,"
Buntok (Antara Kalteng) - Kontingen Kabupaten Barito Selatan berhasil meraih juara pada sejumlah cabang lomba Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dalam rangka HUT Provinsi Kalimantan Tengah yang berlangsung di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, 19-22 Mei 2017.

"Pada hari pertama ini, kita berhasil meraih juara pada sejumlah cabang lomba,"kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Barito Selatan, Raden Sudarto, saat dihubungi melalui telepon selulernya dari Buntok, Sabtu.

Ia menjelaskan, cabang lomba olahraga tradisional tingkat provinsi yang berhasil diraih kontingen Barito Selatan itu diantaranya juara I manyumpit putri, dan juara 1 manetek maneweng.

"Kita juga berhasil meraih juara III karnaval, dan juara harapan untuk lomba manyumpit putra pada kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tersebut,"jelas Raden Sudarto.

Adapun cabang lomba yang diikuti kontingen Kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini sebanyak 11 cabang diantaranya lomba bagasing, balogo, mangacal, sumpit, maneweng batang, lomba besei kambe.

"Lomba tarian pedalaman, lawang sakepeng, sepak sawut, Karnaval pawai budaya dan pemilihan putra putri pariwisata. Kontingen Barsel sudah siap 100 persen untuk mengukir prestasi pada FBIM ini,"ujar Raden Sudarto.

Selain itu ia juga menyampaikan, pada festival budaya yang diselenggarakan dalam setiap tahunnya tersebut, pihaknya juga menurunkan putri pariwisata Barsel atas nama Assa Watari Joan.

"Putri pariwisata asal Barsel yang akan ikut berlomba tersebut merupakan duta Kalteng yang akan mengikuti lomba putri pariwisata tingkat nasional pada Oktober 2017 mendatang,"jelas dia.

Ia berharap doa dan dukungan masyarakat Barito Selatan agar kontingen yang berlomba bisa meraih prestasi terbaik, sehingga prestasi yang diraih bisa melebihi dari tahun-tahun sebelumnya.