Mau Hidup Sehat? Ikuti Gebyar Prolanis dari BPJS Muara Teweh

id bpjs kesehatan muara teweh, gebyar prolanis, pola hidup sehat

Mau Hidup Sehat? Ikuti Gebyar Prolanis dari BPJS Muara Teweh

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Muara Teweh memeriksa kesehatan para peserta JKN-KIS yang tergabung dalam Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) untuk membudayakan pola hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik di arena Tiara Batara M

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar gebyar Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang diikuti peserta JKN-KIS di daerah setempat untuk membudayakan pola hidup sehat melalui peningkatan fisik.

"Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif terhadap peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis seperti diabetes mellitus dan hipertensi, untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien," kata Kepala Kantor Cabang BPJS Muara Teweh Ropik Patriana di Muara Teweh, Minggu.

Menurut Ropik, melalui kegiatan gebyar Prolanis yang dilaksanakan di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh ini, pihaknya ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat.

Cukup dengan melakukan senam setiap pagi sudah meningkatkan kebugaran dan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit.

"Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif untuk menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat," katanya didampingi Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer (MPKR) Mukhlis Almawan.

Ropik menjelaskan, untuk wilayah Kantor Cabang Muara Teweh, kegiatan gebyar Prolanis ini dilaksanakan di dua kabupaten yaitu Kabupaten Barito Utara dan Barito Selatan.

Gebyar prolanis Kabupaten Barito Utara dilaksanakan di arena Tiara Batara Muara Teweh, diikuti oleh tujuh klub Prolanis dengan peserta kurang lebih 100 orang.

Materi Edukasi mengenai diabetes melittus dan hipertensi dibawakan oleh dr Ahadini Islamiah Sp.PD dari RSUD Muara Teweh.

Sedangkan gebyar Prolanis Kabupaten Barito Selatan dilaksanakan di halaman Puskesmas Buntok diikuti oleh 4 (empat) klub Prolanis dengan peserta kurang lebih 150 orang. Materi Edukasi mengenai diabetes melittus dibawakan oleh dr Julpantri dari Puskesmas Buntok.

"Kegiatan gebyar Prolanis ini dimeriahkan sejumlah rangkaian kegiatan seperti senam Prolanis, edukasi kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan penunjang gratis bagi peserta Prolanis, lomba cerdas cermat antar Klub Prolanis, Best Practice Sharing, serta beragam kegiatan menarik lainnya," ujarnya.