Ratusan Anggota Komunitas Gelar Aksi Donor Darah

id DPRD Palangka Raya, aksi donor darah, Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Rusliansyah, PMI Kota Palangka Raya

Ratusan Anggota Komunitas Gelar Aksi Donor Darah

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Rusliansyah (dua kanan) saat pada kegiatan donor darah massal di Palangka Raya, Minggu (21/5/17). (Foto Antara Kalteng/Rachmat Hidayat )

Tidak banyak orang yang mau mendonorkan darahnya secara rutin, namun saya berharap dengan kegiatan ini bisa terus memancing orang untuk menjadi aktif mendonorkan darahnya sekaligus dalam rangka menjaga kesehatan diri sendiri,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ratusan anak muda yang tergabung dalam berbagai macam komunitas di Palangka Raya menggelar kegiatan donor darah massal dengan target terkumpulnya ratusan kantong darah dari aksi tersebut.

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Rusliansyah, di Palangka Raya, Minggu, mengaku sangat mengapresiasi antusias kalangan pemuda di daerah itu untuk mengadakan kegiatan dan mengikuti aksi donor darah massal.

"Kami sangat bangga ternyata generasi muda sangat aktif melaksanakan kegiatan sosial, salah satunya adalah donor darah massal. Kegiatan positif seperti ini harus terus dilaksanakan mengingat manfaatnya cukup banyak dirasakan oleh masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, semoga kegiatan seperti itu tidak hanya tren sementara saja, dan para pendonor hanya ikut-ikutan karena diajak teman-temannya, tetapi terus rutin dilaksanakan setiap tahun atau tiga sampai empat bulan sekali.

Rusli yang juga Ketua PMI Kota Palangka Raya itu menjelaskan, donor darah juga bermanfaat untuk melindungi jantung, menurunkan resiko terkena kanker, membantu menurunkan level zat besi dalam darah, dan yang pasti memperbaharui sel-sel darah secara rutin.

"Tidak banyak orang yang mau mendonorkan darahnya secara rutin, namun saya berharap dengan kegiatan ini bisa terus memancing orang untuk menjadi aktif mendonorkan darahnya sekaligus dalam rangka menjaga kesehatan diri sendiri," ujar Rusli.

Kepala Unit Transfusi Darah Palangka Raya, dr Abram Sidi Winasis juga mengaku senang bahwa ternyata masih banyak kalangan pemuda yang sangat peduli dengan orang lain, khususnya membantu ketersedian kantong darah.

"Kami sangat berterima kasih dengan para anggota komunitas-komunitas yang bersedia menyelenggarakan kegiatan ini, dan Cafe Kopi Han yang mau meminjamkan tempat secara cuma-cuma aksi donor darah massal. Kami pasti akan terus mendukung kegiatan ini apabila ingin dijadikan agenda rutin," ungkap Abram.

Pihaknya menyampaikan bahwa aksi donor darah massal ini juga dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi sesama anggota komunitas, atau dengan komunitas lainnya.

Dalam kegiatan itu, PMI Palangka Raya juga memberikan piagam penghargaan kepada orang-orang yang rutin mendonorkan darahnya dengan beberapa kriteria, yakni dari kriteria 10 kali mendonor, 25, 50, dan 100 kali donor darah.

Piagam diserahkan secara simbolis kepada tiga orang perwakilan, yakni kepada yang 10 kali mendonor, 25 kali dan 50 kali. Kegiatan donor darah massal ini ditargetkan mendapatkan ratusan kantong darah, mengingat banyak juga para pemuda yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena tidak memenuhi persyaratan kesehatan.