Ratusan Hewan di Barito Utara Divaksinasi Rabies

id pemkab barut, Indah Utari, Ratusan Hewan di Barito Utara Divaksinasi Rabies

Ratusan Hewan di Barito Utara Divaksinasi Rabies

Petugas peternakan dan kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Barito Utara memberikan vaksin rabies di Desa Ketapang Kecamataan Gunung Timang, Rabu. (Istimewa)

...warga yang memiliki hewan peliharaan anjing dan kucing agar dapat berperan aktif sebab penyakit rabies ini bisa menular,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 139 ekor hewan peliharaan masyarakat, seperti kucing dan anjing, di Desa Ketapang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, diberi vaksin penyakit rabies.

"Pemberian vaksin rabies di Desa Katapang, Kecamatan Gunung Timang, ini dilaksanakan berdasarkan usulan dari kepala desanya," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Barito Utara (Barut) Indah Utari di Muara Teweh, Minggu.

Dalam pemberian vaksin itu, kata Indah Utari, ada sebanyak 66 ekor anjing dan 73 kucing peliharaan.

Menurut Indah, ada permintaan dari Kepala Desa Ketapang lebih memudahkan pihaknya karena kepala desa yang mengumpulkan warganya dengan membawa binatang peliharaan mereka.

Dalam pemberian vaksin penyakit rabies terhadap binatang peliharaan itu, kata dia, minimal dua kali dalam kurun waktu 1 tahun atau per 6 bulan satu sekali.

"Untuk itu, kami juga mengimbau warga yang memiliki hewan peliharaan anjing dan kucing agar dapat berperan aktif sebab penyakit rabies ini bisa menular," kata Indah didampingi Kasi Kesehatan Hewan Urip Wijaya.

Indah menegaskan bahwa pemberian vaksin rabies itu gratis.

Masyarakat di perkotaan yang ingin memberikan vaksin terhadap anjing dan kucing peliharaannya, lanjut dia, bisa mendatangi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian setiap hari pada jam kerja.

Vaksinasi rabies sudah menjadi program dan kegiatan reguler sebagai upaya memberikan kekebalan kepada hewan ternak, terutama anjing, kucing, dan kera.