Gubernur Kalteng Intruksikan 4 Sektor Prioritas Bagi Bupati Kobar-Barsel Terpilih

id Gubernur Kalteng lantik Bupati Terpilih, Sugianto Sabran, Nurhidayah-Ahmadi Riansyah, Eddy Raya Samsuri-Satya Titiek Atyani Djoedir

Gubernur Kalteng Intruksikan 4 Sektor Prioritas Bagi Bupati Kobar-Barsel Terpilih

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melantik Bupati/Wakil Bupati Kotawaringin Barat dan Barito Selatan periode 2017-2022, di Istana Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalteng di Palangka Raya, Senin (22/5/17). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

...harus diprioritaskan pada empat sektor yang terdiri dari Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan dan Perekonomian...
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengintruksikan empat sektor yang harus menjadi prioritas Bupati/Wakil Bupati Kotawaringin Barat dan Barito Selatan periode 2017-2022.

Intruksi ini disampaikan Sugianto saat melantik Nurhidayah-Ahmadi Riansyah sebagai Bupati/Wakil Bupati Kobar dan Eddy Raya Samsuri-Satya Titiek Atyani Djoedir sebagai Bupati/Wakil Bupati Barsel di Istana Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalteng di Palangka Raya, Senin.

"Sebagian besar anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) harus diprioritaskan pada empat sektor yang terdiri dari Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan dan Perekonomian. Ini yang terpenting sekarang ini dilakukan Pemerintah," ucapnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bunga-Bumi Pancasila" ini bahkan menyarankan, apabila memungkinkan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) yang kurang bersentuhan dengan empat sektor itu diminimalisir anggarannya, namun tetap bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dia mengatakan Bupati/Wakil Bupati harus berani mengambil keputusan jika menginginkan adanya perubahan. Sebab, keempat sektor itu dapat menjadi pemacu meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

"Wilayah Kalimantan Tengah ini nomor dua provinsi terluas di Indonesia, kaya akan sumber daya alam (SDA), baik di dalam tanah maupun lautnya. Kekayaan ini bisa dioptimalkan apabila didukung infrastruktur yang baik," ucap Sugianto.

Fungsionaris Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalteng ini juga mengharapkan Bupati/Wakil Bupati Kobar dan Barsel untuk tidak ragu menjadikan Kepala OPD tidak bisa bekerja atau kurang mengikuti dan melaksanakan program yang telah diperintahkan.

Bupati/Wakil Bupati juga harapannya tidak ragu untuk menjalin bekerjasama dengan TNI/Polri dalam mengamankan SDA dari oknum pengusaha nakal, maupun menyelamatkan masyarakat dari bahaya narkoba.

"Ini pertama kali saya sejak jadi Gubernur melantik Bupati/Wakil Bupati. Ini sangat penting bagi saya karena salah satu pendukung suksesnya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kalteng," demikian Sugianto.